digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industry makanan dan minuman memiliki peluang yang besar di Indonesia. Berdiri sejak Juli 2017, Daapuandee mencoba peluang pada industry ini dengan menawarkan masakan Padang dan masakan Indonesia lainnya. Restaurant ini termasuk restaurant baru, oleh karena itu Daapaundee membutuhkan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Untuk membantu Daapuandee dalam berkembang, dibutuhkan perumusan strategi dengan menganalisis faktor internal dan eksternal yang akan mempengaruhi bisnis. Kedua data tersebut didapat dengan cara observasi dan kuisoner. Setelah itu dirumuskan analisa SWOT. Peneliti menggunakan strategi TOWS matrix, Porter Generic Strategi dan Strategi Diamond Model. Hasil bisnis strategi menunjukan bahwa strategi diferensiasi merupakan strategi yang baik dilakukan oleh restaurant ini dengan cara membuat inovasi produk, melakukan akitivitas marketing dan aktivitas promosi. Pada Porter Generic Strategi terdapat beberapa area yang diajukan untuk membuka cabang, harga, segment dan akitifitas marketing dan promosi di sosial media. Bergabung dengan layanan antar seperti yang ditawarkan oleh Go-jek dan Grab-food menjadi salah satu strategi untuk memperluas pasar dan mengurangi biaya pengiriman dari restaurant.