BAB I Niken Savitri Anggraeni [37020002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II Niken Savitri Anggraeni [37020002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III Niken Savitri Anggraeni [37020002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV Niken Savitri Anggraeni [37020002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V Niken Savitri Anggraeni [37020002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI Niken Savitri Anggraeni [37020002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Pandemi Covid-19 telah mengganggu tatanan hidup masyarakat global sejak
kemunculannya di Wuhan, Cina, tahun 2019. Pemberlakuan lockdown atau
pembatasan sosial diterapkan sesuai dengan kondisi di tiap negara untuk
mengantisipasi lonjakan penderita. Penutupan sarana publik seperti restoran
mempengaruhi keinginan konsumen untuk makan di luar rumah padahal
sebelumnya kegiatan makan di luar rumah merupakan kebutuhan konsumen Gen Z
untuk bersosialisasi, berelaksasi, dan mencari pengalaman lain selain makan di
rumah. Kondisi lingkungan yang dirasa belum aman dari penularan virus Covid-19
mempengaruhi persepsi konsumen Gen Z untuk bersosialisasi dan memunculkan
kekhawatiran untuk makan di luar rumah sehingga mereka akan memilih restoran
yang dianggap aman dari penyebaran virus. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menemukan faktor-faktor baru terkait perilaku makan di luar rumah dan
menemukan variabel-variabel lingkungan yang mendukung persepsi bersosialiasi
dan emosi terkait makan di luar rumah konsumen Gen Z di masa post-Covid-19.
Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama menggunakan
Exploratory Factor Analysis untuk mencari faktor-faktor baru pembentuk perilaku
makan di luar rumah konsumen Gen Z pada masa post-Covid-19. Tahap kedua
dengan menggunakan metode eksperimen dengan menguji stimulus lingkungan
yang mengandung variabel tema, partisi, dan zonasi masing-masing dalam dua
level kualitas terhadap persepsi bersosialisasi, emosi, dan perilaku makan di luar
rumah konsumen Gen Z. Hasil dari penelitian Tahap I diperoleh informasi tentang
faktor-faktor baru perilaku makan di luar rumah, yaitu keamanan, kesenangan
(pleasure), mood, sosialisasi, kecemasan, dan kepraktisan (convenience).
Sedangkan hasil penelitian Tahap II diperoleh hasil bahwa variabel partisi buram,
tema modern, dan zona indoor menunjang persepsi bersosialisasi, respon emosi,
dan perilaku makan di luar rumah konsumen Gen Z. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah bahwa perilaku untuk makan di luar rumah konsumen Gen Z telah kembali
seperti sebelum masa pandemi, namun dengan adanya faktor keamanan dan
kecemasan mempengaruhi harapan lingkungan baru yang menunjang perilaku
konsumen Gen Z untuk makan di luar rumah di masa post-Covid-19.
Perpustakaan Digital ITB