digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Konsep Country of Origin (CoO) secara bertahap memiliki pengaruh besar terhadap persepsi pelanggan. Namun, ketersediaan informasi mengenai perspektif dari sisi bisnis masih kurang dipelajari, khususnya dalam industri food and beverage (FnB). Penelitian ini menyelidiki bagaimana restoran Asia di Belanda memanfaatkan efek CoO untuk membedakan diri di industri FnB yang kompetitif. Temuan penelitian ini menekankan peran penting sumber daya dan kapabilitas spesifik perusahaan, sebagaimana dijelaskan dalam pendekatan resource-based view, dalam memanfaatkan CoO secara efektif sebagai keunggulan kompetitif. Hasil penelitian menunjukkan strategi spesifik yang diterapkan oleh sebuah perusahaan yang memanfaatkan CoO Korea untuk memperoleh keunggulan kompetitif melalui: wawasan strategis, keseimbangan antara CoO dan lokalisasi, pemanfaatan alat pemasaran, serta diferensiasi merek. Studi ini berkontribusi pada diskusi mengenai penggunaan CoO sebagai strategi diferensiasi serta penerapannya dalam strategi branding secara praktis.