Persaingan yang pesat terjadi pada bisnis telekomunikasi. Dalam dunia bisnis,
komunikasi dengan pelanggan merupakan pemicu dan penentu keberhasilan bisnis
perusahaan. Perusahaan telekomunikasi menghadapi tantangan berat dalam
mempertahankan pelanggan terkait dengan perkembangan teknologi informasi
dan pesatnya pertumbuhan perusahaan pesaing. Salah satu solusi untuk mengatasi
hal tersebut adalah dengan menggunakan konsep Customer Relationship
Management (CRM).
Untuk mencapai tujuan tersebut dalam tesis ini dilakukan identifikasi kebutuhan
bisnis pada perancangan model CRM. Identifikasi kebutuhan bisnis dengan
identifikasi kebutuhan dilakukan dengan menerapkan strategi analisis CRM yang
dibagi menjadi tiga, yaitu Operational CRM, Analytical CRM dan Collaborative
CRM, dalam hal ini dilakukan analisis mengenai implementasi CRM pada
perusahaan, permasalahan dalam implementasi, tahap pengembangan, tantangan
dalam implementasi CRM dan segmentasi pelanggan. Analisis pada lingkungan
XL dilakukan dengan mendeskripsikan sistem informasi yang dibagi menjadi tiga
yaitu fungsi/proses, data, dan jaringan/lokasi. Usulan pemodelan CRM dilakukan
pada perancangan Proses/Fungsi, perancangan data, perancangan jaringan/lokasi,
perancangan customer service dan call center, perancangan website informasi
pelanggan.
Perancangan model CRM pada perusahaan disesuaikan dengan hasil analisis
terhadap karakteristik sistem, arsitektur sistem informasi, analisis lingkungan dan
analisis proses bisnis. Hasil analisis tersebut digunakan untuk melakukan
perancangan model CRM sesuai dengan usulan model yang telah ditentukan.
Teknik yang digunakan untuk perancangan model sistem CRM adalah dengan
Unified Modelling Language (UML).
Hasil akhir dari perancangan model ini berupa rancangan model proses bisnis,
rancangan model data dan rancangan model jaringan untuk pengelolaan
pelanggan, pengelolaan pemasaran, pengelolaan penjualan, pengelolaan customer
service dan call center. Perancangan website informasi pelanggan dilakukan untuk
memberikan layanan bagi pelanggan untuk menyampaikan permintaan layanan,
pengaduan mengenai produk dan mencari informasi tentang nomor pelanggan
pada layanan perusahaan melalui media internet.