Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Di era digital saat ini, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) semakin
banyak digunakan dalam pemasaran, termasuk dalam pembuatan konten visual.
Salah satu inovasi yang berkembang adalah penggunaan AI untuk menciptakan
latar belakang gambar produk sehingga dapat membantu bisnis menampilkan
produknya dengan lebih menarik tanpa perlu sesi pemotretan yang mahal. Namun,
masih sedikit penelitian yang mengeksplorasi bagaimana konsumen merespons
visual yang dibuat oleh AI dibandingkan dengan visual yang dihasilkan secara
manual oleh manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana latar belakang produk yang
dibuat oleh AI memengaruhi imajinasi mental (Mental imagery), penilaian produk
(Product evaluation), dan emosi positif (Positive emotion) yang akhirnya
berdampak pada niat beli (Purchase intention). Melalui eksperimen yang
melibatkan responden pengguna media sosial, penelitian ini membandingkan dua
jenis latar belakang produk: yang dibuat oleh AI dan yang dibuat secara manual.
Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan metode
Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM).
Hasilnya menunjukkan bahwa latar belakang yang dibuat oleh AI dapat
memengaruhi persepsi konsumen secara signifikan, terutama dalam membangun
imajinasi mental dan meningkatkan daya tarik produk. Ini menunjukkan bahwa
teknologi AI bisa menjadi solusi praktis bagi bisnis, terutama Usaha Kecil dan
Menengah (UMKM), untuk menciptakan konten visual yang lebih menarik dan
efektif dalam meningkatkan niat beli konsumen.
Perpustakaan Digital ITB