digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Di era digital saat ini, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) semakin banyak digunakan dalam pemasaran, termasuk dalam pembuatan konten visual. Salah satu inovasi yang berkembang adalah penggunaan AI untuk menciptakan latar belakang gambar produk sehingga dapat membantu bisnis menampilkan produknya dengan lebih menarik tanpa perlu sesi pemotretan yang mahal. Namun, masih sedikit penelitian yang mengeksplorasi bagaimana konsumen merespons visual yang dibuat oleh AI dibandingkan dengan visual yang dihasilkan secara manual oleh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana latar belakang produk yang dibuat oleh AI memengaruhi imajinasi mental (Mental imagery), penilaian produk (Product evaluation), dan emosi positif (Positive emotion) yang akhirnya berdampak pada niat beli (Purchase intention). Melalui eksperimen yang melibatkan responden pengguna media sosial, penelitian ini membandingkan dua jenis latar belakang produk: yang dibuat oleh AI dan yang dibuat secara manual. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasilnya menunjukkan bahwa latar belakang yang dibuat oleh AI dapat memengaruhi persepsi konsumen secara signifikan, terutama dalam membangun imajinasi mental dan meningkatkan daya tarik produk. Ini menunjukkan bahwa teknologi AI bisa menjadi solusi praktis bagi bisnis, terutama Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), untuk menciptakan konten visual yang lebih menarik dan efektif dalam meningkatkan niat beli konsumen.