Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu tulang
punggung dari ekonomi di Indonesia. Namun, dari tahun ke tahun, banyak UMKM
yang harus mengalami kegagalan dan menutup bisnisnya dalam waktu singkat.
Banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut, salah satunya adalah karena belum
adanya sistem pengelolaan pelanggan yang diterapkan oleh UMKM untuk
melakukan manajemen pelangannya. Hal tersebut terjadi karena UMKM terkadang
belum memiliki kemampuan dan kapabilitas dalam membangun sistem pengelolaan
pelanggan yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.
Untuk itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk membangun suatu sistem
yang dapat mengevaluasi pengelolaan pelanggan UMKM dengan mengidentifikasi
area perbaikan, serta memberikan rekomendasi arah strategi pengeloalaan
pelanggan yang terstruktur. Penelitian dilakukan dengan menyusun asesmen
berbasis model Payne dan Gartner, yang kemudian diolah untuk menghasilkan
analisis pengelolaan pelanggan. Asesmen akan diintegrasikan ke dalam sistem
menggunakan Macro VBA sehingga dapat menghasilakn dashboard yang memuat
tingkat maturitas, grafik importance-performance analysis, serta rekomendasi arah
strategi untuk mengoptimalkan performansi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata UMKM berada pada tingkat maturitas
menengah, dengan kelemahan utama pada aspek kepemimpinan strategis, nilai
umur pelanggan, kepuasan pelanggan, dan akses pelanggan. Secara keseluruhan,
penelitian ini dilakukan dengan harapan dapat menghasilkan sistem evaluasi yang
sederhana dan praktis untuk digunakan, serta menjadi pijakan awal bagi UMKM
untuk mengembangkan strategi pengelolaan pelanggan yang lebih terarah dan
berbasis data.
Perpustakaan Digital ITB