2025 SK PP Abednego Daniel Okky Sanjaya [19018216] - Abstract
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Abednego Daniel Okky Sanjaya [19018216] - List of Contents
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Abednego Daniel Okky Sanjaya [19018216] - Chapter 1
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Abednego Daniel Okky Sanjaya [19018216] - Chapter 2
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Abednego Daniel Okky Sanjaya [19018216] - Chapter 3
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Abednego Daniel Okky Sanjaya [19018216] - Chapter 4
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Abednego Daniel Okky Sanjaya [19018216] - Chapter 5
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Abednego Daniel Okky Sanjaya [19018216] - References
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2025 SK PP Abednego Daniel Okky Sanjaya [19018216] - Appendix
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
PhiloIT adalah perusahaan rintisan teknologi pendidikan yang menjembatani filsafat dan inovasi digital untuk menumbuhkan pemikiran kritis, penalaran etis, dan pembelajaran interdisipliner. Tesis ini mengidentifikasi tantangan utama, peluang strategis, dan rekomendasi konkret yang dapat menginformasikan evolusi penawaran layanan dan model operasional PhiloIT (Dwivedi dkk., 2021). Untuk mengeksplorasi dimensi-dimensi ini, penelitian tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode campuran, yang meliputi (1) tinjauan pustaka tentang dampak AI Generatif terhadap pendidikan digital dan pemikiran kritis, (2) analisis internal terhadap desain platform PhiloIT saat ini dan pola keterlibatan pengguna, serta (3) serangkaian wawancara terstruktur dan percakapan informal dengan para pemangku kepentingan utama—pendidik, siswa, pakar AI, dan pembuat konten. Peneliti menemukan bahwa pelajar semakin tertarik pada platform yang memadukan bantuan AI dengan bimbingan manusia dan jalur pembelajaran terstruktur.Temuan ini menyarankan pengembangan model pembelajaran kolaboratif manusia-AI, peluncuran modul literasi dan etika AI, dan sebagainya, untuk memastikan PhiloIT dapat mempertahankan dan meningkatkan relevansi, dampak, dan kontribusi nilai tambahnya di era Gen AI. Studi ini selanjutnya mengusulkan untuk melakukan analisis dampak longitudinal dari model pendidikan hibrida manusia-AI, analisis komparatif antar filosofi EdTech, dan sebagainya, untuk memastikan inovasi pendidikan tetap etis, reflektif, dan inklusif.
Perpustakaan Digital ITB