digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini mengkaji bagaimana aspek tata kelola (governance) dalam praktik Environmental, Social, and Governance (ESG) mempengaruhi pengambilan keputusan karyawan Generasi Z (Gen Z) di sektor ritel Indonesia. Survei daring terhadap karyawan Gen Z di berbagai subsektor ritel mengukur persepsi terkait kepemimpinan etis, transparansi, akuntabilitas, inklusivitas, dan keterlibatan pemangku kepentingan, dengan variabel dependen berupa kemungkinan bertahan di perusahaan dengan tata kelola yang lemah. Hasil korelasi menunjukkan kepemimpinan etis (r = -0,375), kesesuaian nilai (r = -0,368), dan akuntabilitas (r = - 0,350) sebagai faktor paling berpengaruh. Meskipun regulasi ESG terus berkembang, aspek tata kelola masih kurang berkembang, khususnya pada UMKM. Penguatan kepemimpinan etis dan kesesuaian nilai menjadi kunci untuk meningkatkan keterlibatan serta retensi talenta Gen Z di sektor ritel Indonesia yang kompetitif dan berorientasi nilai.