digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER -Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II -Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VI - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Industri fesyen di Indonesia, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), memiliki peranan penting dalam ekonomi Indonesia. Industri ini berkontribusi sebesar 18,02% atau setara dengan 116 miliar rupiah pada tahun 2019. Akan tetapi, tren ini menunjukkan ketatnya persaingan pasar pada industri ini. Hansi.ID, sebuah UMKM bidang fesyen yang telah berdiri sejak tahun 2021, menghadapi tantangan seperti peningkatan penjualan yang rendah dan kesibukan pemilik meningkat. Hal ini berdampak terhadap keberjalanan bisnis Hansi.ID. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi peningkatan pertumbuhan bisnis pada Hansi.ID. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode semi-structured interview kepada dua dari empat pemilik Hansi.ID untuk mengumpulkan data primer. Pengolahan data melibatkan metode analisis tematik untuk mengidentifikasi pola tertentu dan menggabungkan tema serupa, serta menggunakan ICE scoring model untuk menentukan prioritas strategi. Pertumbuhan bisnis dievaluasi berdasarkan the five stages of small business growth yang berfokus pada lima dimensi, yaitu management style, organization, formal systems, major strategy, dan business and owner. Penelitian ini menunjukkan bahwa tiga faktor pada Hansi.ID berada pada tahap 1 dan sisanya berada pada tahap 2. Penelitian menghasilkan 13 rancangan strategi, tetapi hanya 5 strategi dengan nilai prioritas tertinggi yang diusulkan kepada Hansi.ID. Hasil dari penelitian merupakan strategi yang dapat dilakukan oleh Hansi.ID untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan memastikan pengembangan yang berkelanjutan.