Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER -Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II -Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN - Margaret M. N. Situmorang
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Industri fesyen di Indonesia, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),
memiliki peranan penting dalam ekonomi Indonesia. Industri ini berkontribusi
sebesar 18,02% atau setara dengan 116 miliar rupiah pada tahun 2019. Akan tetapi,
tren ini menunjukkan ketatnya persaingan pasar pada industri ini. Hansi.ID, sebuah
UMKM bidang fesyen yang telah berdiri sejak tahun 2021, menghadapi tantangan
seperti peningkatan penjualan yang rendah dan kesibukan pemilik meningkat. Hal
ini berdampak terhadap keberjalanan bisnis Hansi.ID. Penelitian ini bertujuan untuk
merancang strategi peningkatan pertumbuhan bisnis pada Hansi.ID.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode
semi-structured interview kepada dua dari empat pemilik Hansi.ID untuk
mengumpulkan data primer. Pengolahan data melibatkan metode analisis tematik
untuk mengidentifikasi pola tertentu dan menggabungkan tema serupa, serta
menggunakan ICE scoring model untuk menentukan prioritas strategi.
Pertumbuhan bisnis dievaluasi berdasarkan the five stages of small business growth
yang berfokus pada lima dimensi, yaitu management style, organization, formal
systems, major strategy, dan business and owner.
Penelitian ini menunjukkan bahwa tiga faktor pada Hansi.ID berada pada tahap 1
dan sisanya berada pada tahap 2. Penelitian menghasilkan 13 rancangan strategi,
tetapi hanya 5 strategi dengan nilai prioritas tertinggi yang diusulkan kepada
Hansi.ID. Hasil dari penelitian merupakan strategi yang dapat dilakukan oleh
Hansi.ID untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan memastikan pengembangan
yang berkelanjutan.
Perpustakaan Digital ITB