BAB 1 Caecilia Padmagita Ikastuti
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Caecilia Padmagita Ikastuti
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Caecilia Padmagita Ikastuti
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Caecilia Padmagita Ikastuti
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Caecilia Padmagita Ikastuti
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Caecilia Padmagita Ikastuti
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 7 Caecilia Padmagita Ikastuti
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 8 Caecilia Padmagita Ikastuti
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 9 Caecilia Padmagita Ikastuti
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Caecilia Padmagita Ikastuti
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Pelabuhan Daruba merupakan pelabuhan multipurpose di mana melayani kegiatan
bongkar muat barang kargo, petikemas, refeer petikemas, dan penumpang.
Komoditas bongkar muat yang terdapat pada pelabuhan ini antara lain semen,
beras, sembako, dan kayu balok, batang kelapa, serta ikan. Pelabuhan ini
direncanakan sebagai pintu keluar masuk utama dari dan ke Pulau Morotai.
Laporan Tugas Akhir ini dibuat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan
angkutan laut di Pulau Morotai, khususnya pada Pelabuhan Daruba, sehingga
diperlukan adanya pembangunan dermaga beserta dengan sarana dan prasarana
yang mendukung dan memadahi. Dermaga ini direncakan untuk bongkar muat peti
kemas.
Lingkup bahasan desain terdiri dari penentuan layout dermaga, dimensi dermaga
dan trestle, pemodelan struktur, desain penulangan struktur, dan perhitungan daya
dukung tanah. Data kapal terbesar yang dapat berlabuh di Dermaga Daruba yakni
kapal dengan bobot 11.184 DWT. Pemodelan struktur dilakukan dengan
menggunakan perangkat lunak SAP2000. Dari hasil perencanaan layout ditentukan
panjang dermaga 152 m dengan lebar 37 m yang dihubungkan dengan trestle
sepanjang 33 m dengan lebar 7 m. Adapun nilai UCR (Unity Check Ratio) terbesar
untuk struktur dermaga adalah 0,98 dan struktur trestle adalah 0,93.
Perpustakaan Digital ITB