digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Labtek Indie merupakan konsultan pengembangan produk digital yang telah berdiri sejak tahun 2012. Labtek Indie menawarkan seluruh proses pengembangan produk digital yang mencakup riset pengguna, desain produk, dan pengembangan perangkat lunak. Disaat tingginya pertumbuhan pasar IT di Indonesia yang mencapai growth rate 14.7%, Labtek Indie justru mengalami stagnansi dalam penjualan services. Berdasarkan data penjualan perusahaan selama tiga tahun terakhir, penjualan service Labtek Indie tidak mengalami peningkatan. Hal tersebut ternyata disebabkan oleh penurunan aktivitas marketing akibat dari permasalahan operasional perusahaan. Oleh karena itu, Labtek Indie memerlukan strategi bisnis untuk dapat mencapai pertumbuhan dan mendapatkan keunggulan kompetitif di industri teknologi informasi yang memiliki pertumbuhan yang tinggi. Penelitian ini ditujuan untuk membantu Labtek Indie dalam mencapai pertumbuhan dan mendapatkan keunggulan bersaing melalui strategi bisnis dan rencana implementasi yang akan didiskusikan pada chapter berikut. Eksplorasi isu bisnis dilakukan dengan meninjau kondisi eksternal dan internal perusahaan. Kondisi eksternal meliputi analisis lingkungan umum, analisis industri (Porter’s Five Forces), analisis konsumen, dan analisis kompetitor. Analisis internal kemudian meliputi analsisi sumber daya dan analisis rantai aktivitas dari Labtek Indie yang disimpulkan dengan analisis kompetensi utama dari Labtek Indie. Keseluruhan analisis kemudian disimpulkan melalui SWOT. Data primer penelitian diperoleh melalui interview perusahaan dan interview dengan ahli pada teknologi informasi industri. Data sekunder kemudian diperoleh melalui dokumen perusahaan serta jurnal akademik dan referensi lainnya seperti laporan dan artikel online untuk melengkapi analisis. Pada bab ketiga, diajukan strategi bisnis Labtek Indie untuk mencapai pertumbuhan dan mendapatkan keunggulan kompetitif melalui penyusunan strategi diamond berdasarkan analisis SWOT. Keseluruhan aspek dari strategi diamond mencakup arena, kendaraan, pembeda, tahapan, dan logika ekonomi dianalisis sehingga menjadi strategi bisnis yang utuh. Penelitian ini mengusulkan Labtek Indie untuk menjalankan strategi diferensiasi melalui pengembangan aktivitas internal secara organik. Selain itu, diusulkan juga mengenai target segment serta tahapan dalam menjalankan strategi sehingga dapat mencapai pertumbuhan dan mendapatkan keunggulan bersaing. Terakhir, pada bab keempat, rencana implementasi strategi diajukan berdasarkan usulan strategi bisnis pada bab sebelumnya. Rencana ini mencakup aktivitas yang perlu dikembangkan oleh Labtek Indie beserta dengan jadwal dari setiap aktivitas.