digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Berdasarkan Top Brand Index, merek yang menguasai pasar nasional pada tahun 2022 adalah Fiesta yang menguasai lebih dari 56,4% dari keseluruhan pasar; So Good, menguasai hampir 30% pasar; terakhir ditempatkan oleh Belfoods, hanya memegang 12,1% dari pasar. Hal ini menunjukkan bahwa Belfoods masih kehilangan pangsa pasar meski sudah menempati posisi tertinggi ketiga. Salah satu alasannya adalah karena strategi pemasaran PT. Belfoods Indonesia belum dioptimalkan selama beberapa tahun terakhir. Menurut Senior Brand Manager PT. Belfoods Indonesia, perusahaan belum pernah menjalankan kampanye pemasaran yang terintegrasi dan sistematis. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi upaya pemasaran PT. Belfoods Indonesia dan mengembangkan kampanye baru yang akan membantu PT. Belfoods Indonesia dalam memperluas pangsa pasarnya. Analisis internal dan eksternal dilakukan untuk penelitian ini, dan Analisis SWOT akan menjadi kesimpulannya. Tim pemasaran internal diwawancarai dalam wawancara semi-terstruktur sebagai bagian dari metodologi kualitatif penelitian ini dan open coding digunakan untuk menganalisis data wawancara. Laporan media sosial bulanan juga dianalisis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang situasi perusahaan saat ini. Berdasarkan temuan tersebut, PT. Belfoods Indonesia dapat mengembangkan lima marketing inisiatif baru untuk meningkatkan pangsa pasarnya.