2022 SK PP Andi Tiara Maharani Bahar [19019077] - Abstract
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2022 SK PP Andi Tiara Maharani Bahar [19019077] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Wiwik Istiyarini
Jumlah brand skincare lokal di Indonesia terus meningkat. Akibat dari tingkat persaingan yang semakin meningkat, untuk mendongkrak jumlah penjualan suatu produk, beberapa brand skincare lokal Beberapa brand skincare lokal berlomba-lomba merebut hati konsumennya dengan menggunakan selebriti Korea sebagai duta merek untuk strategi komunikasi pemasaran mereka. Namun, penggunaan duta merek Korea telah menerima banyak reaksi yang dianggap "tidak pantas" dan "tidak penting" oleh netizen karena mereka percaya bahwa orang Indonesia dan Korea memiliki warna kulit yang berbeda, sehingga tidak akan mengalami hasil yang sama. Mengingat keadaan tersebut di atas, penelitian berikut akan dilakukan dengan tujuan utama untuk menyelidiki pengaruh brand ambassador Korea terhadap niat beli konsumen pada produk skincare lokal yang di endorse oleh Korean Brand Ambassador serta pengaruh faktor lain yang berpotensi mempengaruhi niat konsumen untuk melakukan pembelian tersebut. Penelitian ini akan menggunakan metodologi kuantitatif berupa survei online. Survey online yang dilakukan dalam bentuk kuisioner ini mendapatkan respon dari total 405 responden yang mengetahui atau pernah melihat minimal 1 bentuk promosi produk skincare lokal Indonesia oleh brand ambassador Korea namun tidak pernah melakukan pembelian. produk perawatan kulit lokal dan berdomisili di Indonesia. Pendekatan PLS-SEM digunakan untuk melakukan analisis, dan aplikasi SmartPLS digunakan untuk melakukannya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa brand ambassador Korea dan persepsi risiko konsumen memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap niat beli konsumen. Sedangkan faktor lain seperti kesadaran merek, persepsi kualitas konsumen, harapan konsumen, citra merek, serta pengetahuan produk konsumen berpengaruh signifikan terhadap niat konsumen untuk melakukan pembelian produk perawatan kulit merek lokal. Tidak menutup kemungkinan bagi merek perawatan kulit lokal dan pemasar merek kecantikan dan perawatan kulit lainnya untuk menggunakan temuan dari penelitian ini untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka di Indonesia.
Perpustakaan Digital ITB