digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri fesyen dianggap sebagai salah satu yang paling berdampak pada ekonomi global. Penggunaan model yang menarik, kurus, dan tinggi oleh pengiklan fesyen, yang mendukung citra tubuh ideal dalam budaya, dapat menyebabkan terciptanya standar kecantikan dan fisik yang tidak realistis, terlepas dari kenyataan bahwa iklan memiliki banyak manfaat yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keragaman tubuh dalam iklan berdampak pada sikap konsumen terhadap iklan, untuk mengidentifikasi jenis model terbaik yang digunakan dalam iklan produk fesyen untuk meningkatkan persepsi konsumen terhadap iklan dan keinginan untuk membeli, serta untuk menyelidiki pengaruh inklusivitas ukuran sebagai variabel moderasi keragaman dalam iklan dan sikap terhadap iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneliti menyimpulkan bahwa Body Positivity dalam Iklan Fashion tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap Persepsi Konsumen dan Niat Beli dalam penelitian ini. Selain itu, penelitian ini hanya meneliti sebagian kecil dari populasi perempuan Indonesia, oleh karena itu, penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana hasil penelitian ini berlaku untuk perempuan Indonesia dari berbagai usia.