
Raisa Latifa Annabela [19021102]
Terbatas  Abdul Aziz Ariarasa
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Abdul Aziz Ariarasa
» Gedung UPT Perpustakaan
Tesis ini menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen terhadap produk hemat energi, dengan fokus pada Sunshield Film yang didistribusikan oleh Enertec di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika psikologis dan pasar yang terlibat dalam pengambilan keputusan konsumen, dengan menyoroti pentingnya kesadaran produk, perhatian terhadap lingkungan, tren produk, efisiensi energi, dan nilai yang dirasakan. Selain itu, studi ini mengidentifikasi hambatan utama seperti rendahnya kesadaran produk, investasi awal yang tinggi, dan tantangan regulasi. Metodologi studi kasus kualitatif, termasuk wawancara dengan pengguna akhir, ahli pemasaran, dan spesialis lingkungan, digunakan untuk mengumpulkan wawasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan kesadaran konsumen, menunjukkan penghematan energi jangka panjang, dan menawarkan opsi pembiayaan yang fleksibel dapat secara signifikan meningkatkan niat beli. Penelitian ini juga mengusulkan kerangka pemasaran strategis untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan Enertec di pasar produk hemat energi, serta memberikan peta jalan untuk memperluas adopsi solusi hemat energi di Indonesia.