2022_TS_PP_Muhammad Iqbal Aditya Nuryasin_1-Abstrak.pdf
]
PUBLIC Open In Flipbook Yose Ali Rahman
Rencana Dekorasi adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang jasa dekorasi.
Mengomunikasikan dengan jelas mengapa produk suatu perusahaan jasa menawarkan lebih
baik dan memiliki nilai yang berbeda dari pesaing lainnya adalah hal yang sangat penting,
tetapi pemasaran telah berubah lebih banyak dalam dua tahun terakhir daripada dalam
beberapa dekade sejak dimulainya televisi. Pemasaran yang telah dilakukan oleh Rencana
Dekorasi masih gagal ditunjukkan berdasarkan analisis 5 why yang dilakukan dalam
prosesnya. Oleh karena itu, Rencana Dekorasi mencari pendekatan kampanye pemasaran
untuk mencapai tujuan dari setiap inisiatif pemasaran mereka.
Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan analisis deskriptif sebagai dasar untuk
penelitian selanjutnya. Dalam kerangka konseptual, penulis melakukan penelitian melalui analisis
internal dan eksternal. Analisis internal yang terdiri dari analisis STP, analisis VRIO, dan
analisis bauran pemasaran digunakan untuk mengetahui kondisi internal perusahaan. Analisis
eksternal meliputi analisis Porter's Five Forces, analisis pelanggan, dan analisis persaingan.
Business Model Canvas dan analisis SWOT akan meningkatkan penjelasan perusahaan. Hasil
dari analisis deskriptif bahwa mayoritas pengikut di akun Instagram @_Rencana adalah wanita
berusia 18 hingga 24 tahun, menunjukkan bahwa Rencana Dekorasi dapat memilih penawaran
yang disesuaikan dan memanfaatkan potensi penuh internet untuk memenuhi permintaan
pelanggan pasar muda. Rencana Dekorasi Perencanaan menciptakan Perencanaan strategi
segmentasi dan komunikasi berdasarkan sifat rasional dan emosional.
Rencana Decoration berkonsentrasi pada pemasaran digital dalam praktiknya, namun hasil
kuesioner menunjukkan bahwa beberapa responden masih menggunakan metode
konvensional untuk mengkonsumsi kampanye pemasaran. Subyek Penelitian adalah pengikut
akun Instagram @_Rencana. Rencana menilai dan percaya bahwa pesan dalam kampanye
dibuat cerita emosional dapat menciptakan kesadaran dan minat dalam kampanye
pemasaran.
Kerangka RACE Planning menunjukkan bagaimana perusahaan dekorasi ini akan melakukan
pemasaran offline dan online, serta implikasi dan perencanaan kampanye pemasaran.
Berdasarkan temuan dari pelanggan yang telah dianalisis pada saluran yang dipilih oleh
pasar Rencana Dekorasi, yang bisa dibilang terdiversifikasi, kerangka pemasaran saluran
omni dipilih sebagai strategi saluran yang diusulkan. Rencana pengembangan konten, selain
strategi omni-channel, diperlukan sebagai aspek terpenting dari kampanye itu sendiri.
Konsep storynomics diusulkan untuk membantu konseptualisasi konten kampanye.
Perpustakaan Digital ITB