digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Rencana Dekorasi adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang jasa dekorasi. Mengomunikasikan dengan jelas mengapa produk suatu perusahaan jasa menawarkan lebih baik dan memiliki nilai yang berbeda dari pesaing lainnya adalah hal yang sangat penting, tetapi pemasaran telah berubah lebih banyak dalam dua tahun terakhir daripada dalam beberapa dekade sejak dimulainya televisi. Pemasaran yang telah dilakukan oleh Rencana Dekorasi masih gagal ditunjukkan berdasarkan analisis 5 why yang dilakukan dalam prosesnya. Oleh karena itu, Rencana Dekorasi mencari pendekatan kampanye pemasaran untuk mencapai tujuan dari setiap inisiatif pemasaran mereka. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan analisis deskriptif sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya. Dalam kerangka konseptual, penulis melakukan penelitian melalui analisis internal dan eksternal. Analisis internal yang terdiri dari analisis STP, analisis VRIO, dan analisis bauran pemasaran digunakan untuk mengetahui kondisi internal perusahaan. Analisis eksternal meliputi analisis Porter's Five Forces, analisis pelanggan, dan analisis persaingan. Business Model Canvas dan analisis SWOT akan meningkatkan penjelasan perusahaan. Hasil dari analisis deskriptif bahwa mayoritas pengikut di akun Instagram @_Rencana adalah wanita berusia 18 hingga 24 tahun, menunjukkan bahwa Rencana Dekorasi dapat memilih penawaran yang disesuaikan dan memanfaatkan potensi penuh internet untuk memenuhi permintaan pelanggan pasar muda. Rencana Dekorasi Perencanaan menciptakan Perencanaan strategi segmentasi dan komunikasi berdasarkan sifat rasional dan emosional. Rencana Decoration berkonsentrasi pada pemasaran digital dalam praktiknya, namun hasil kuesioner menunjukkan bahwa beberapa responden masih menggunakan metode konvensional untuk mengkonsumsi kampanye pemasaran. Subyek Penelitian adalah pengikut akun Instagram @_Rencana. Rencana menilai dan percaya bahwa pesan dalam kampanye dibuat cerita emosional dapat menciptakan kesadaran dan minat dalam kampanye pemasaran. Kerangka RACE Planning menunjukkan bagaimana perusahaan dekorasi ini akan melakukan pemasaran offline dan online, serta implikasi dan perencanaan kampanye pemasaran. Berdasarkan temuan dari pelanggan yang telah dianalisis pada saluran yang dipilih oleh pasar Rencana Dekorasi, yang bisa dibilang terdiversifikasi, kerangka pemasaran saluran omni dipilih sebagai strategi saluran yang diusulkan. Rencana pengembangan konten, selain strategi omni-channel, diperlukan sebagai aspek terpenting dari kampanye itu sendiri. Konsep storynomics diusulkan untuk membantu konseptualisasi konten kampanye.