digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER Laura Naomi Roniar
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Laura Naomi Roniar
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Laura Naomi Roniar
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Laura Naomi Roniar
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Laura Naomi Roniar
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Laura Naomi Roniar
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Laura Naomi Roniar
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Fondasi merupakan bagian dari struktur bawah yang berperan penting dalam memikul dan menahan beban yang bekerja di atasnya. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang tepat untuk menghasilkan desain fondasi yang cakap dan aman. Pada tugas akhir ini, dilakukan analisis terhadap metode perhitungan kapasitas daya dukung aksial fondasi tiang bor untuk menentukan rekomendasi metode perhitungan yang paling baik dalam memprediksi hasil pengujian kapasitas daya dukung di lapangan. Ditinjau fondasi tiang bor yang diuji dengan Static Loading Test dan Pile Driving Analyzer. Analisis dilakukan dengan membandingkan hasil perhitungan secara teoritis terhadap masing-masing tiang uji dengan hasil pengujian di lapangan. Hasil perhitungan juga dibandingkan terhadap metode faktor adhesi yang paling tepat digunakan antara metode faktor adhesi Kulhawy (1984), Reese & Wright (1977), dan Reese & O’Neil (1988). Data perhitungan kemudian diperbandingkan dengan hasil pengujian untuk dianalisis ketepatannya. Dari hasil analisis, dilakukan iterasi untuk menentukan rekomendasi metode perhitungan dengan ketepatan yang paling baik dalam memprediksi daya dukung yang terjadi pada fondasi di lapangan. Ditentukan bahwa model faktor adhesi yang digunakan adalah metode faktor adhesi Reese & O’Neil (1988) dengan korelasi cu sebesar 7.9 NSPT, korelasi tahanan geser selimut tiang untuk tanah pasir sebesar 2.7 NSPT, dan korelasi tahanan ujung tiang untuk tanah pasir sebesar 110 NSPT-ave.