digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rajin
PUBLIC Open In Flipbook Esha Mustika Dewi Ringkasan

Penelitian ini mengusung model optimasi stokastik yang mempertimbangkan ketidakpastian tinggi gelombang dan waktu kedatangan kapal, dikombinasikan dengan faktor sedimentasi dan pasang surut. Faktor-faktor tersebut berpengaruh langsung terhadap biaya operasional kapal dan pada akhirnya menentukan daya saing pelabuhan. Sementara studi-studi terdahulu fokus pada faktor operasional atau aspek lingkungan secara terpisah, penelitian ini mengintegrasikan multi-faktor lingkungan dengan ketidakpastian waktu kedatangan kapal untuk memperoleh konfigurasi infrastruktur dan ukuran kapal yang optimal. Model optimasi diselesaikan menggunakan algoritma genetik melalui beberapa skenario dan diaplikasikan pada sejumlah pelabuhan aktual di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi sensitivitas dan hubungan antar parameter, sekaligus menggambarkan penerapan model secara komprehensif. Hasil optimasi menunjukkan bahwa ketidakpastian gelombang dan waktu kedatangan kapal menjadi sumber utama deviasi pada biaya operasional kapal. Sementara itu, investasi pada infrastruktur maupun pemilihan ukuran kapal mampu meminimalkan deviasi tersebut sekaligus menurunkan biaya operasional.