digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Faisal Ibrahim Rasyid
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Faisal Ibrahim Rasyid
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Faisal Ibrahim Rasyid
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Faisal Ibrahim Rasyid
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Faisal Ibrahim Rasyid
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Faisal Ibrahim Rasyid
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Penelitian ini tentang strategi pengembangan pasar Smartfren untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam jangka panjang yang akan memastikan pertumbuhan pelanggan dan pertumbuhan pendapatan. Untuk memperkuat portofolio bisnis, Smartfren dapat memasuki pasar baru atau pelanggan baru dengan portofolio produk yang sudah ada (dengan beberapa modifikasi). Persaingan industri telekomunikasi semakin ketat. Pelanggan Smartfren mengalami peningkatan namun tren pendapatan per bulan stagnan selama tahun 2021. Tantangan terbesar yang dialami Smartfren saat ini adalah perang harga data internet antar operator lainnya. Hal ini adalah penyebab di balik stagnannya pendapatan Smartfren. Setiap perusahaan telekomunikasi saat ini juga berlomba-lomba dalam paket layanan internet murah. Dengan situasi ini persaingan menjadi semata-mata berdasarkan harga. Salah satu alternatif solusi bagi Smartfren untuk meningkatkan pendapatan dan pelanggan adalah dengan menerapkan strategi pengembangan pasar dengan memasuki pasar baru menggunakan potofolio produk yang sudah ada. Pasar baru dalam hal ini adalah segmen internet rumahan, yaitu pengguna internet di rumah tangga. Berdasarkan tren dan data yang ada, segmen ini merupakan peluang besar bagi Smartfren. Pada tahun 2021, diperkirakan ada sekitar 75 juta rumah tangga di Indonesia, dan penetrasi teknologi kabel optik seperti Indihome dan/atau First Media hanya 4%. Smartfren belum memiliki kemampuan untuk memasuki segmen internet rumahan dengan kabel optic tetapi Smartfren dapat menawarkan solusi alternatif dengan perangkat nirkabel yang memiliki data internet. Penelitian ini akan fokus pada strategi pengembangan pasar Smartfren dengan memasuki pasar baru dengan modifikasi produk yang sudah ada untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan untuk meningkatkan pelanggan dan pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi bisnis yang menyelaraskan lingkungan eksternal dengan sumber daya internal Smartfren. Penelitian akan dimulai dengan analisis eksternal untuk mempelajari peluang di pasar internet rumahan dan dilanjutkan dengan analisis internal untuk menentukan kompetensi inti dari Smartfren. Perumusan strategi bisnis ditentukan berdasarkan analisis internal dan eksternal. Dari hasil penelitian, keunggulan kompetitif Smartfren dibandingkan pesaing langsung adalah portofolio layanan internet unlimited yang memiliki nilai yang lebih tinggi. Sedangkan mode ekspansi untuk masuk ke pasar internet rumahan adalah kemitraan dengan vendor perangkat atau modem yang memiliki kemampuan distribusi di saluran perangkat/modem.