Indonesia merupakan negara yang memiliki 23% dari total cadangan nikel dunia, sedang dalam tahap
awal pengembangan sektor nikel. Pengembangan ini mempengaruhi industri-industri terkait untuk
mendukung operasional pertambangan nikel. Salah satunya adalah industri alat berat. PT Kaizen
Distributor, Tbk merupakan penjual alat berat dan distributor tunggal merek Kaizen di Indonesia. Saat
ini, Perseroan masih fokus pada penjualan ke sektor pertambangan batu bara dan emas, sebagaimana
terlihat adanya penurunan penjualan produk Articulated Dump Truck (ADT) dan penurunan
kontribusi subsektor nikel dari 26% menjadi 16%. Terlebih, persaingan ADT saat ini sangat
kompetitif. Oleh karena itu, perusahaan perlu menetapkan strategi untuk memaksimalkan penetrasi
pasar nikel dan meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan
positioning dan pengembangan strategi bauran pemasaran. Dalam penelitian ini digunakan metode
kualitatif dengan melakukan wawancara dan memanfaatkan data pendukung dari laporan internal dan
eksternal perusahaan. Selain itu, observasi juga dilakukan selama tiga bulan selama magang di
perusahaan tersebut. VRIO dan STP adalah kerangka kerja umum yang digunakan untuk analisis
internal lingkungan perusahaan, dilengkapi dengan PESTEL, Porter 5 Forces, dan Analisis Pelanggan
untuk analisis lingkungan eksternal perusahaan. Untuk menilai positioning dan strategi yang
diterapkan perusahaan, digunakan kerangka Analisis Pesaing, Positioning Maps, dan Bauran
Pemasaran 4P Saat Ini. Sebagai hasil penelitian, perusahaan perlu melakukan perubahan Map
Positioning terkait variasi produk yang lebih banyak dan kampanye promosi yang lebih menarik.
Repositioning ini didukung dengan pengembangan Bauran Pemasaran 4P Saat ini, antara lain dengan
meningkatkan fitur produk yang sudah ada dan mengusulkan tipe kapasitas yang lebih besar,
mempertimbangkan strategi harga saat ini, meningkatkan alokasi pasokan, memperluas cakupan area
pasar, paket perawatan yang menarik, pembiayaan yang lebih fleksibel, dan kemungkinan penawaran
paket bundling produk. Selain itu, penambahan 3P lainnya sebagai bentuk peningkatan adalah dengan
melakukan pemantauan rutin dan evaluasi kompetensi salesperson dalam memasuki pasar baru,
peningkatan efisiensi survey pelanggan, dan penambahan poin product support baru.
Perpustakaan Digital ITB