Start-up saat ini menjadi sorotan di semua negara, terutama di negara maju, di
mana mereka dipandang sebagai pendorong penting pertumbuhan ekonomi dan
sumber pekerjaan jangka panjang. Selain itu, tidak hanya tradisional touchpoint,
konsumen juga semakin tertarik menggunakan digital touchpoint untuk memenuhi
kebutuhan sehari-hari. Pemasar start-up bioteknologi menyadari bahwa di era
kompetitif ini, mereka perlu memperhatikan inisiatif komersial. Bagi para startup
industri yang menyediakan produk bioteknologi, upaya memasarkan produknya
secara komersial menjadi salah satu tantangan yang perlu mendapat perhatian.
Pelanggan akan mencari informasi yang jelas dari berbagai saluran untuk
meyakinkan mereka. Salah satu strategi untuk memaksimalkan jangkauan dan
melibatkan konsumen agar pelanggan tetap loyal terhadap merek dengan
menggunakan omnichannel touchpoint. Namun, belum ada penelitian yang
berfokus pada efektivitas omnichannel touchpoint untuk startup bioteknologi,
terutama di negara berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh omnichannel touchpoint dalam
mempengaruhi keterlibatan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada start-up
bioteknologi. Perbedaan dalam hal keterlibatan dan loyalitas akan disajikan
antara efektivitas omnichannel touchpoint. Penelitian ini menggunakan data dari
survei online secara cross-sectional. Pendekatan metode campuran dengan
pemetaan perjalanan pelanggan dan perhitungan statistik menggunakan EFA,
CFA, dan regresi.
Hasil dari penelitian ini adalah omnichannel touchpoint dapat memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan dan loyalitas pelanggan. Selain itu,
nilai hedonik dapat memoderasi antara omnichannel touchpoint dan keterlibatan
pelanggan. Implikasi dari penelitian ini adalah start-up bioteknologi dapat
mengetahui channel apa saja yang dapat dioptimalkan lebih dalam untuk
meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini dapat
memberikan literatur terbaru mengenai efektivitas penggunaan omnichannel
touchpoint yang dimediasi oleh faktor hedonik. Selain itu, implikasi bagi praktisi
dapat diusulkan untuk memperhatikan omnichannel touchpoint dan beberapa nilai
hedonik sebagai moderator penting untuk meningkatkan keterlibatan dan loyalitas
pelanggan.
Kata kunci: Omnichannel, Touchpoint, Keterlibatan pelanggan, Loyalitas
pelanggan, Start-Up, Start-up Bioteknologi
Perpustakaan Digital ITB