ABSTRAK
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI BLOK DETEKSI
VEHICLE-BASED PADA SISTEM DETEKSI DAN
PERINGATAN KANTUK PENGEMUDI KENDARAAN
BERODA EMPAT MENGGUNAKAN AKSELEROMETER
Oleh
Ediko Raymond Silalahi
NIM: 13217077
(Program Studi Sarjana Teknik Elektro)
Mengantuk merupakan salah satu faktor terbesar akan terjadinya kecelakaan dalam
berkendara. Mengantuk dapat menjadi masalah besar pada pengemudi karena
menyebabkan pengemudi tidak dapat berkonsentrasi secara penuh, memiliki
respon, dan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang lebih cepat
untuk menghindari tabrakan. Keadaan kantuk susah untuk dideteksi oleh
pengemudi dan jarang disadari sehingga dibutuhkan sistem untuk mendeteksi dan
memberi peringatan sebelum mengantuk. Sehingga perlu dikembangkan alat untuk
membantuk masalah pengemudi tersebut yaitu “Driver Drowsiness Detection and
Warning System”.
Ketika mengantuk, pengemudi cenderung menunjukkan ciri-ciri yang bisa
dideteksi seperti perubahan perilaku seperti menguap dan mengedipkan mata,
perilaku kendaraan seperti keluar jalur, maupun sinyal fisiologis tubuh. Sistem
deteksi kantuk yang akan dikembangkan harus mampu mendeteksi lebih dari satu
ciri-ciri kantuk ini untuk mendukung kebaruan dari tugas akhir ini. Lalu dari setiap
solusi dilakukan pairwise comparison untuk menentukan solusi terbaik. Pada
proyek tugas akhir ini dipilih deteksi secara behavioral-based yaitu kedipan mata
dan secara vehicle-based yaitu deteksi marka jalan dan sudut setir mobil.
Sehingga salah satu blok yang dikerjakan pada tugas akhir ini adalah blok deteksi
vehicle-based yaitu deteksi sudut setir mobil. Sistem harus mampu mendeksi sudut
tertentu karena pengemudi yang mengantuk sering melakukan macro-correction
untuk selang waktu tertentu yang akan berbahaya jika melewati garis tengah mobil.
Deteksi diusahakan untuk tidak terlambat untuk mendeteksi perilaku kantuk ini dan
dapat memberikan informasi yang cukup. Pengujian dilakukan dengan mengukur
sudut sebesar satu derajat. Dari hasil pemodelan didapatkan bahwa Untuk
kecepatan mobil 100 km/jam dan waktu sampling 0,5 detik, memiliki sudut
maksimum roda sebelum melewati jalur mobil adalah 3,1 derajat.
Kata kunci: mengantuk, deteksi, peringatan, pengemudi, kecelakaan, sudut, setir
Perpustakaan Digital ITB