digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI BLOK DETEKSI VEHICLE-BASED PADA SISTEM DETEKSI DAN PERINGATAN KANTUK PENGEMUDI KENDARAAN BERODA EMPAT MENGGUNAKAN AKSELEROMETER Oleh Ediko Raymond Silalahi NIM: 13217077 (Program Studi Sarjana Teknik Elektro) Mengantuk merupakan salah satu faktor terbesar akan terjadinya kecelakaan dalam berkendara. Mengantuk dapat menjadi masalah besar pada pengemudi karena menyebabkan pengemudi tidak dapat berkonsentrasi secara penuh, memiliki respon, dan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang lebih cepat untuk menghindari tabrakan. Keadaan kantuk susah untuk dideteksi oleh pengemudi dan jarang disadari sehingga dibutuhkan sistem untuk mendeteksi dan memberi peringatan sebelum mengantuk. Sehingga perlu dikembangkan alat untuk membantuk masalah pengemudi tersebut yaitu “Driver Drowsiness Detection and Warning System”. Ketika mengantuk, pengemudi cenderung menunjukkan ciri-ciri yang bisa dideteksi seperti perubahan perilaku seperti menguap dan mengedipkan mata, perilaku kendaraan seperti keluar jalur, maupun sinyal fisiologis tubuh. Sistem deteksi kantuk yang akan dikembangkan harus mampu mendeteksi lebih dari satu ciri-ciri kantuk ini untuk mendukung kebaruan dari tugas akhir ini. Lalu dari setiap solusi dilakukan pairwise comparison untuk menentukan solusi terbaik. Pada proyek tugas akhir ini dipilih deteksi secara behavioral-based yaitu kedipan mata dan secara vehicle-based yaitu deteksi marka jalan dan sudut setir mobil. Sehingga salah satu blok yang dikerjakan pada tugas akhir ini adalah blok deteksi vehicle-based yaitu deteksi sudut setir mobil. Sistem harus mampu mendeksi sudut tertentu karena pengemudi yang mengantuk sering melakukan macro-correction untuk selang waktu tertentu yang akan berbahaya jika melewati garis tengah mobil. Deteksi diusahakan untuk tidak terlambat untuk mendeteksi perilaku kantuk ini dan dapat memberikan informasi yang cukup. Pengujian dilakukan dengan mengukur sudut sebesar satu derajat. Dari hasil pemodelan didapatkan bahwa Untuk kecepatan mobil 100 km/jam dan waktu sampling 0,5 detik, memiliki sudut maksimum roda sebelum melewati jalur mobil adalah 3,1 derajat. Kata kunci: mengantuk, deteksi, peringatan, pengemudi, kecelakaan, sudut, setir