digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Nusa Indah Pratama, Ltd merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti. Perusahaan ini berdiri pada tanggal 28 Oktober 2011. Secara garis besar, Nusa Indah Pratama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jual beli properti antara lain kios, RSH (Rumah Sehat Hunian) tempat tinggal dan estate. Pandemi COVID-19 akhir-akhir ini sedikit banyak mempengaruhi bisnis properti, namun secara fundamental bisnis ini sangat menjanjikan. Sebelum menentukan staretgi bisnis, perlu dilakukan analisis kondisi external dan internal perusahaan. SWOT akan digunakan untuk menganalisis kondisi internal dan external, sebagai tambahan, BMC akan digunakan untuk menganalisis kondisi internal. Strategi yang akan diajukan berupa pemngembangan pembangunan proyek baru yang sesuai dengan kondisi market properti dan alternatif strategi pembiayaan dengan debt financing dan equity financing. Hasil formulasi strategi dituangkan ke dalam rencana aksi selama 10 tahun untuk pengembangan pembangunan Kawasan baru. Bisnis strategi yang diajukan bagi perusahaan yaitu pengembangan hunian apartemen bagi golongan menengah ke atas dan strategi pembiayaan berupa combined financing strategy dengan komposisi (equity 45% dan debt 55%). Formulasi bisnis strategi membantu perusahaan untuk menjalalankan proyek secara efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan nilai asset dan memberikan value berupa profit bagi shareholder.