Jumlah pengangguran terdidik di Indonesia terus meningkat sejak tahun 2020 yang
didominasi oleh angkatan kerja. Fenomena ini terjadi karena ciri-ciri generasi milenial
lebih mudah mengundurkan diri dari tempatnya bekerja ketika merasa tidak cocok, idealis,
dan ada yang tidak memiliki kualifikasi untuk bersaing dengan tenaga kerja asing di
Indonesia karena MEA. Urbanisasi juga berkontribusi pada peningkatan tingkat
pengangguran di perkotaan.
Sebagai lembaga pendidikan formal, perguruan tinggi diharapkan mampu membekali
mahasiswanya dengan keterampilan kewirausahaan. Pemerintah juga terus berupaya
mendorong tingkat pertumbuhan wirausaha untuk memperkuat struktur ekonomi.
Keberadaan wirausahawan di Indonesia dapat mengurangi angka pengangguran.
Keberadaan bisnis startup di Indonesia juga mengalami pertumbuhan yang pesat.
Melihat peluang dan potensi masa depan di bidang kewirausahaan, Universitas Wima
Surabaya telah membentuk Fakultas Kewirausahaan pada tahun 2016. Sebagai fakultas
baru, Fakultas Kewirausahaan memiliki tantangan besar untuk mengkomunikasikan nilainilainya
kepada masyarakat dan mencari prospektif. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan tujuan untuk menciptakan strategi komunikasi dan pemasaran untuk
meningkatkan minat mahasiswa dalam memilih Fakultas Kewirausahaan.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis PEST dan Analisis Potensial
Pelanggan (Faktor Eksternal, data internal dari Fakultas) dan Evaluasi Mahasiswa (Faktor
Internal, dilakukan wawancara mendalam dengan 18 narasumber yang merupakan
mahasiswa Fakultas Kewirausahaan). Dari hasil tersebut, apa yang dijanjikan oleh Fakultas
Kewirausahaan telah disampaikan kepada mahasiswa sebagai pengguna jasa pendidikan.
Dengan mempertimbangkan kedua faktor tersebut, Fakultas Kewirausahaan memiliki
peluang yang baik dan penilaian yang mengesankan dari para nara sumber. Beberapa nilai
yang sengaja diciptakan berhasil diserap oleh siswa dengan sempurna.
Oleh karena itu, untuk menyampaikan hal-hal yang menjadi keunggulan Fakultas
Kewirausahaan, peneliti merumuskan program “Seat Triall In” dengan pendekatan teori
AIDA. Mulai dari Education Expo yang melibatkan mahasiswa secara langsung dengan
memberikan testimoni, membangkitkan minat dengan kegiatan yang dibuat agar calon
mahasiswa dan orang tuanya terlibat dalam proses tersebut, menimbulkan keinginan calon
mahasiswa untuk merasakan bahwa Fakultas Kewirausahaan adalah jawabannya sesuai
dengan kebutuhannya, sehingga akhirnya membuat calon mahasiswa mendaftar ke
Fakultas Kewirausahaan