Di Indonesia, terjadi peningkatan pengguna internet dalam satu dekade ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII). Berdasarkan peningkatan pengguna internet ini berdampak pada perubahan model bisnis, termasuk industri pariwisata. Salah satu contoh model bisnis di industri pariwisata adalah Online Travel Agency (OTA). Kehadiran OTA membantu para pelaku bisnis memangkas biaya dalam menjalankan bisnis karena kemudahan bagi setiap orang untuk menjadi agen perjalanan tanpa harus melakukan investasi yang besar baik dari segi teknologi maupun sumber daya. Goers adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada industri OTA khususnya pada sektor event management service melalui produk yang dimilikinya. Unfortunately, Goers belum memaksimalkan performancenya yang terlihat dari jumlah event diselenggarakan masih kalah dibanding dengan kompetitornya. Permasalahan juga terlihat dari sisi awareness Goers yang masih belum maksimal. Melihat kondisi permasalahan tersebut dan juga kondisi dari industri OTA yang cukup bersaing, membuat Goers harus mengembangkan sebuah B2B marketing strategy untuk dapat tetap bersaing dengan
Pada penelitian ini, penulis melakukan analisis faktor secara internal dan eksternal dari Goers untuk dapat mengembangkan business issue exploration. Analisis faktor internal dilakukan dengan menggunakan metode VRIO, STP dan juga 4p’s marketing mix. Sedangkan untuk eksternal analysis dilakukan dengan menggunakan metode PEST, competitor analysis dan business buying behavior analysis yang dilakukan melalui metode interview. Responden dalam interview merupakan para pelaku event dari yang dibagi menjadi tiga segmen berdasarkan skala event yang diselenggarakan.
Berdasarkan dari hasil SWOT analisis, didapatkan gap yang terlihat melalui root cause analysis yang menggambarkan kondisi Goers dengan perspective dari customer. Berdasarkan gap tersebut beberapa alternative solution melalui metode TOWS analysis. Solusi yang paling cocok untuk diterapkan dan memungkinkan untuk dilakukan adalah dengan mengembangkan new marketing strategy untuk Goers menggunakan 4P’s Marketing Mix. Penelitian ini menunjukan bahwa pada B2B sektor partner cenderung melakukan keputusan secara lebih rasional dan memfokuskan mencari cara terbaik dalam memaksimalkan keuntungan. Berdasarkan hasil tersebut, Goers dapat menggunakan hasil tersebut untuk meningkatkan performanya di industri OTA.
Perpustakaan Digital ITB