2022_TS_PP_Muhammad Akbar Buana Tafsili_29120208_Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Kartika
Tren kado hampers meningkat pesat, puncaknya, lebih dari 130 juta produk hampers UMKM terjual selama bulan Ramadan 2021 (Kompas, 12/05/2021). Kita Juragan memanfaatkan momentum ini, sejak awal 2021 menjadi marketplace toko kado hampers yang praktis dengan harga bervariasi. Terdapat permasalahan yang dihadapi Kita Juragan yaitu rendahnya brand awareness. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang strategi pemasaran digital yang efektif dan efisien untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan Kita Juragan.
Analisis dilakukan secara internal dan eksternal menggunakan Marketing Mix (7P’s), analisis STP, Analisis Kompetitor dan Porter Five Force. Penulis melakukan survei menggunakan dua jenis kuesioner, untuk konsumen kado hampers dan calon mitra toko. Selanjutnya, penulis melakukan analisis menggunakan TOWS Matrix untuk membuat strategi yang sesuai serta menentukan STP baru dari Kita Juragan.
Hasil dari penelitian ini adalah perlunya Kita Juragan melakukan restrukturisasi tim sesuai prioritas strategi perusahaan yaitu untuk akuisisi mitra toko, diferensiasi fungsi secara jelas antara tiap platform saluran pemasaran, fokus pada konten dengan engagement tinggi di media sosial dan mengoptimalkan iklan.
Perpustakaan Digital ITB