Article Details

SIMULASI DAN ANALISIS PERGERAKAN PESAWAT UDARA DI APRON BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA

Oleh   Rizqina Rifki Azizah [13614021]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ir. Mahardi Sadono, M.T.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FTMD - Teknik Dirgantara
Fakultas : Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
Subjek :
Kata Kunci : Bandara, Apron, Simulasi, Ground Time, Parking Stand, Kapasitas
Sumber :
Staf Input/Edit : Erlin Marliana Effendi  
File : 9 file
Tanggal Input : 2022-01-13 10:33:23

Generic placeholder image
BAB1 Rizqina Rifki Azizah

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB2 Rizqina Rifki Azizah

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB3 Rizqina Rifki Azizah

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB4 Rizqina Rifki Azizah

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB5 Rizqina Rifki Azizah

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB6 Rizqina Rifki Azizah

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan


Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara tersibuk di Indonesia dengan mengakomodasi 381.649 pergerakan pesawat pada tahun 2015 yaitu sebesar 23% dari seluruh pergerakan pesawat di Indonesia. Berdasarkan data dari AirNav, pada tahun 2016 setidaknya ada 1.200 pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta per harinya. Dengan terus berkembangnya produksi pergerakan pesawat terbang maka perlu dilakukan peningkatan kapasitas pada Bandara Soekarno-Hatta terutama di apron. Pergerakan di apron menjadi penting karena berpengaruh pada ketepatan waktu pada jadwal penerbangan. Oleh karena itu perlu dibuat simulasi pergerakan pesawat pada apron Bandara Soekarno-Hatta untuk mengetahui kondisi lalu-lintas di apron. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan usulan untuk mengoptimalkan pergerakan pesawat di apron Bandara Soekarno-Hatta. Pada penelitian ini digunakan software MatLab SimEvents untuk membuat model simulasi. Model simulasi yang dibuat adalah pergerakan pesawat dari mulai masuk hingga keluar apron. Dalam model simulasi digunakan data-data seperti waktu kedatangan pesawat dan jumlah serta kapasitas apron sebagai input untuk simulasi. Output dari simulasi yang diperhatikan adalah jumlah pergerakan pesawat dan rata- rata waktu ground time. Dengan melihat kinerja sistem existing, dilakukan evaluasi faktor-faktor yang menyebabkan antrean pada apron. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh otoritas bandara sebagai acuan dalam penjadwalan keberangkatan dan kedatangan pesawat dan penambahan fasilitas bandara.