2022_TS_PP_Dhio Tampan Nugraha - 29118488_`-Abstrak.pdf
]
PUBLIC Open In Flipbook Yose Ali Rahman
Lokalate sebagai brand awal dari Nutrifood Indonesia, diluncurkan pertama kali pada tahun 2017
dengan fokus pada penjualan kopi instan sebagai produk utama. Produk pertama yang mereka
perkenalkan ke masyarakat adalah Gula Aren Lokalate. Saat ini, Lokalate memiliki banyak varian
yang berbeda, terdiri dari Lokalate Gula Aren, Lokalate Alpukat, Lokalate Durian, Lokalate
Kawista, Lokalate Berondong, Lokalate Tape dan Ketan, serta Lokalate Andaliman. Nutrifood
masih menghasilkan strategi standar untuk meningkatkan produk Lokalate. Oleh karena itu,
Lokalate masih dianggap sebagai pintu masuk baru. Berdasarkan data sekunder yang penulis
peroleh melalui salah satu jalur distribusi online mereka yaitu media sosial, Lokalate cenderung
memiliki engagement yang rendah di media sosial yang berdampak pada rendahnya brand
awareness dibandingkan kompetitornya yaitu Nescafe, Good Day dan Caffino. Oleh karena itu,
penulis memutuskan untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi calon pembeli terhadap kesadaran merek dan
mengembangkan strategi pemasaran melalui komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner online. Penelitian ini memiliki dua analisis,
yaitu internal dan eksternal. Analisis internal meliputi segmenting, targeting, dan positioning
(STP), VRIO, dan Marketing Mix. Sedangkan analisis eksternal meliputi PESTEL, Porter 5
Forces, Analisis Pesaing, dan Analisis Konsumen. Setelah melakukan analisis, penulis
mendapatkan analisis SWOT dan Root Cause untuk mencari beberapa solusi dengan menggunakan
Matriks TOWS. Selanjutnya penulis memilih strategi yang tepat untuk meningkatkan brand
awareness Lokalate.
Perpustakaan Digital ITB