digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Lokalate sebagai brand awal dari Nutrifood Indonesia, diluncurkan pertama kali pada tahun 2017 dengan fokus pada penjualan kopi instan sebagai produk utama. Produk pertama yang mereka perkenalkan ke masyarakat adalah Gula Aren Lokalate. Saat ini, Lokalate memiliki banyak varian yang berbeda, terdiri dari Lokalate Gula Aren, Lokalate Alpukat, Lokalate Durian, Lokalate Kawista, Lokalate Berondong, Lokalate Tape dan Ketan, serta Lokalate Andaliman. Nutrifood masih menghasilkan strategi standar untuk meningkatkan produk Lokalate. Oleh karena itu, Lokalate masih dianggap sebagai pintu masuk baru. Berdasarkan data sekunder yang penulis peroleh melalui salah satu jalur distribusi online mereka yaitu media sosial, Lokalate cenderung memiliki engagement yang rendah di media sosial yang berdampak pada rendahnya brand awareness dibandingkan kompetitornya yaitu Nescafe, Good Day dan Caffino. Oleh karena itu, penulis memutuskan untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi calon pembeli terhadap kesadaran merek dan mengembangkan strategi pemasaran melalui komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner online. Penelitian ini memiliki dua analisis, yaitu internal dan eksternal. Analisis internal meliputi segmenting, targeting, dan positioning (STP), VRIO, dan Marketing Mix. Sedangkan analisis eksternal meliputi PESTEL, Porter 5 Forces, Analisis Pesaing, dan Analisis Konsumen. Setelah melakukan analisis, penulis mendapatkan analisis SWOT dan Root Cause untuk mencari beberapa solusi dengan menggunakan Matriks TOWS. Selanjutnya penulis memilih strategi yang tepat untuk meningkatkan brand awareness Lokalate.