digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini akan menganalisis metode forecasting untuk menentukan target penjualan dan realisasi produk pelumas Sales & Marketing Domestic Industry (SMDI) PT XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk memahami situasi terkini dari metode peramalan, mengusulkan solusi atas permasalahan bisnis yang dihadapi perusahaan, dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu analisis peramalan dan analisis akar penyebab. Penelitian ini menggunakan analisis peramalan untuk menghitung dan memilih metode peramalan terbaik berdasarkan akurasi peramalan untuk menentukan metode tersebut layak digunakan. Studi ini menggunakan Current Reality Tree (CRT) untuk menganalisis akar penyebab dan memvisualisasikan aliran penyebab, dan alasan penurunan pendapatan penjualan adalah akibat dari prediksi yang tidak akurat dan manajemen persediaan. Untuk simulasinya digunakan software Minitab dan Flying Logic dalam penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa pada unit SMDI PT XYZ terdapat masalah ketidakakuratan hasil prediksi dan pengendalian persediaan sehingga tidak tercapainya target penjualan yang diinginkan. Masalah bisnis ini menyebabkan hilangnya peluang pendapatan dalam perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa metode peramalan PT XYZ saat ini belum sempurna. Hasil simulasi mendukung temuan ini dan menjadi dasar pengembangan beberapa alternatif solusi masalah bisnis ini. Penelitian ini mengusulkan penggunaan model Holt-Winter sebagai metode peramalan berdasarkan temuan pada akar penyebab. Economic Order Quantity sebagai alat bantu untuk menghitung peluang pendapatan yang akan diterima perusahaan mencapai Rp 1,516 Miliar.