Merek fashion lokal adalah sebuah merek pakaian fashion lokal negara tertentu dan
diproduksi secara lokal, termasuk di Indonesia. Fashion selalu berkembang dan
menciptakan tren terkini yang merupakan potensi besar bagi brand fashion lokal untuk
mengambil peluang karena konsumen semakin selektif dalam memilih produk yang
unggul, tahan lama, dan praktis. Di Indonesia, Industri Fashion merupakan salah satu
subsektor yang berkontribusi terhadap industri kreatif, menyumbang 28,29% dari
keseluruhan industri kreatif dan menempati peringkat ke-9 dalam Global Revenue
Ranking. Selain itu, kondisi pandemi saat ini telah mendorong banyak merek untuk
menutup toko ritel dan beralih ke hampir seluruhnya operasi digital. Di antara banyak
platform media sosial yang digunakan oleh merek, Instagram telah diidentifikasi sebagai
alat yang paling efisien untuk menjangkau pelanggan dan memasarkan bisnis. Namun, cara
merek fashion lokal menggunakan Instagram sebagai alat pemasaran tidak selalu efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor efektivitas Instagram pada merek
fashion lokal yang memiliki engagement tinggi dengan tujuan untuk dijadikan sebagai
tolak ukur tentang strategi konten dalam membangun online engagement tinggi yang
menjadikan Instagram sebagai alat pemasaran yang efektif. Data dikumpulkan melalui
software Instagram analytics, HypeAuditor dan Analisa.io terhadap total 50 akun
Instagram fashion merek lokal dengan jumlah engagement yang tinggi menurut
HypeAuditor Instagram Engagement Rate Calculator. Analisis data diolah menggunakan
Microsoft Excel dan Smart PLS menggunakan metode Instagram data analitik dan
Instagram konten analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel
independent (Entertainment, Information, Remuneration, Tag, Weekdays, dan Peak hours)
memiliki hubungan positif terhadap online engagement dan faktor yang efektif untuk akun
Instagram merek fashion lokal adalah faktor Entertainment, Tag, Weekdays, dan Peak
hours. Merek dapat memanfaatkan posting yang berisi konten hiburan dan informasi
sambil juga mempostingnya dalam jam sibuk dan hari kerja.