digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Merek fashion lokal adalah sebuah merek pakaian fashion lokal negara tertentu dan diproduksi secara lokal, termasuk di Indonesia. Fashion selalu berkembang dan menciptakan tren terkini yang merupakan potensi besar bagi brand fashion lokal untuk mengambil peluang karena konsumen semakin selektif dalam memilih produk yang unggul, tahan lama, dan praktis. Di Indonesia, Industri Fashion merupakan salah satu subsektor yang berkontribusi terhadap industri kreatif, menyumbang 28,29% dari keseluruhan industri kreatif dan menempati peringkat ke-9 dalam Global Revenue Ranking. Selain itu, kondisi pandemi saat ini telah mendorong banyak merek untuk menutup toko ritel dan beralih ke hampir seluruhnya operasi digital. Di antara banyak platform media sosial yang digunakan oleh merek, Instagram telah diidentifikasi sebagai alat yang paling efisien untuk menjangkau pelanggan dan memasarkan bisnis. Namun, cara merek fashion lokal menggunakan Instagram sebagai alat pemasaran tidak selalu efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor efektivitas Instagram pada merek fashion lokal yang memiliki engagement tinggi dengan tujuan untuk dijadikan sebagai tolak ukur tentang strategi konten dalam membangun online engagement tinggi yang menjadikan Instagram sebagai alat pemasaran yang efektif. Data dikumpulkan melalui software Instagram analytics, HypeAuditor dan Analisa.io terhadap total 50 akun Instagram fashion merek lokal dengan jumlah engagement yang tinggi menurut HypeAuditor Instagram Engagement Rate Calculator. Analisis data diolah menggunakan Microsoft Excel dan Smart PLS menggunakan metode Instagram data analitik dan Instagram konten analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independent (Entertainment, Information, Remuneration, Tag, Weekdays, dan Peak hours) memiliki hubungan positif terhadap online engagement dan faktor yang efektif untuk akun Instagram merek fashion lokal adalah faktor Entertainment, Tag, Weekdays, dan Peak hours. Merek dapat memanfaatkan posting yang berisi konten hiburan dan informasi sambil juga mempostingnya dalam jam sibuk dan hari kerja.