digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Hamdan Maulana Asari
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Hamdan Maulana Asari
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Hamdan Maulana Asari
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Hamdan Maulana Asari
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Hamdan Maulana Asari
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Hamdan Maulana Asari
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Penjualan sepeda motor di Indonesia selalu mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Itu seharusnya menjadi kondisi yang menguntungkan bagi industri suku cadang otomotif karena akan mengikuti pertumbuhan tersebut. Namun dalam beberapa tahun terakhir, penjualan busi Denso mengalami penurunan walau busi merupakan komponen motor yang harus diganti secara berkala. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan analisis eksternal dan internal untuk membuat usulan strategi pemasaran untuk menghadapi penurunan penjualan busi Denso. Analisis eksternal yang dilakukan meliputi analisis PESTEL, analisis Porter’s Five Force, analisis konsumen, dan analisis pesaing. Kemudian analisis internal terdiri dari analisis STP (Segmentasi, Targeting, Positioning), analisis VRIO dan analisis Marketing Mix. Untuk memperoleh analisis ini, penelitian dilakukan dengan data primer dan data sekunder. Dari hasil analisis eksternal dan internal, diperoleh analisis SWOT kemudian diolah ke dalam TOWS matriks. Hasil penelitian menghasilkan usulan strategi pemasaran Denso untuk meningkatkan penjualan berupa modifikasi STP, dan bauran pemasaran baru termasuk timeline implementasi. Dengan memberikan rekomendasi, diharapkan dapat terjadi kegiatan pemasaran yang lebih baik dan dapat meningkatkan penjualan.