digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kopi 3in1 sangat populer di Indonesia. Bisnis tersebut sangat potensial mengingat laju pertumbuhan konsumsi kopi tahunan gabungan di Indonesia adalah salah satu yang tertinggi di Asia. Sebagai bagian utama dari kopi 3in1, non-dairy creamer berperan sangat penting terutama pada rasa kopi 3in1 keseluruhan dan total harga produk. Oleh karena itu, para produsen kopi 3in1 selalu mengharapkan pilihan yang terbaik saat mencari non-dairy creamer, salah satunya termasuk memproduksi non-dairy creamer untuk dikonsumsi sendiri. Karena potensi bisnis yang sangat besar, semakin banyak perusahaan mulai membangun fasilitas non-dairy creamer dan existing produsen juga meningkatkan kapasitas mereka. Tahun ini kelebihan pasokan non-dairy creamer diperkirakan akan terjadi, yang diperparah dengan volume tambahan non-dairy creamer dari produsen kopi 3in1. Kievit sebagai salah satu produsen non-dairy creamer perlu menemukan cara agar tidak terjebak dalam situasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kesenjangan antara kebutuhan pasar kopi 3in1 dan produk non-dairy creamer yang telah ditawarkan di pasaran. Tujuan lainnya adalah untuk mengidentifikasi apakah ada peluang bisnis baru bagi Kievit untuk dieksplorasi. Hal ini penting untuk menentukan strategi apa yang akan diterapkan oleh Kievit untuk menghadapi persaingan sehingga dapat mempertahankan keberlanjutan bisnisnya. Penelitian dilakukan dalam dua tahap riset pasar yaitu, incidence test dan kopi 3in1 product test (centralized location test). Riset pasar mengungkapkan bahwa selain aroma dan rasa, affordability merupakan faktor utama yang terkait dengan pembelian produk kopi 3in1. Dalam hal rasa produk kopi 3in1, konsumen lebih memilih produk kopi yang tidak terlalu kuat rasa kopinya dan yang rasa manisnya relatif tinggi. 3in1 Cappuccino yang mengandung foamer (creamer khusus) kurang laris di pasaran dibandingkan dengan kategori produk kopi 3in1 lainnya, walaupun rasanya paling disukai oleh konsumen. Penelitian juga mengungkapkan bahwa ada peluang bisnis baru dalam kopi RTD (kopi siap minum) karena peminum kopi 3in1 saat ini mulai meminum kopi jenis ini, terutama konsumen yang berusia lebih muda. Peluang bisnis lain adalah membuat creamer kental manis baik dalam bentuk cair maupun bubuk, karena produk terbaik kedua menurut konsumen adalah produk dengan tambahan creamer kental manis. Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa masih ada ruang untuk mempertahankan bisnis. Untuk memastikan bahwa segala perubahan yang terjadi di pasar tidak terlewatkan, riset pasar perlu dilakukan secara reguler. Hal ini sangat bermanfaat untuk menetapkan target perusahaan yang realistis dan juga untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru. Semua dilakukan untuk memastikan agar keunggulan kompetitif bisnis tetap dapat dipertahankan.