digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak : Industri Kartu Kredit di Indonesia mengalami pertumbuhan yang baik, hal ini didukung oleh jumlah bank yang menerbitkan kartu kredit dan potensi ekonomi Indonesia yang semakin membaik. Tumbuhnya industri kartu kredit dibarengi juga dengan jumlah toko eceran yang menerima kartu kredit semakin banyak sehingga memberi keleluasaan bagi pemegang kartu kredit untuk menggunakan kartu kredit sebagai alternatif alat pembayaran selain uang tunai. Berdasarkan data Bank Indonesia, jumlah pemegang kartu kredit telah mencapai 8.2 juta dengan total volume transaksi mencapai 60 trilliun pertahun. Pertumbuhan kartu kredit yang semakin membaik mendorong Bank Indonesia untuk mengatur industri kartu kredit sebagai alat pembayaran dalam rangka perlindungan terhadap konsumen. Adanya peraturan menaikkan pembayaran minimum mengakibatkan terjadinya penurunan jumlah anggota pemegang kartu kredit. Permasalahan ini ditelaah menggunakan metode QSPM ( Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mendalami strategi bisinis yang harus diterapkan dan melihat juga analisis kepuasaan pelanggan untuk mengetahui kondisi saat ini dan harapan di masa yang akan datang. Tugas akhir ini memfokuskan pada strategi bisnis yang harus diterapkan Bank X. Langkah yang dilakukan adalah melihat kondisi internal dan eksternal perusahaan menggunakan metode STEEP,Value Chain kemudian menganalisis metode IFE Matrix, EFE Matrix dan melihat kondisi pesaing dengan metode Competitive Profile Matrix. Dilanjutkan dengan penggabungan menggunakan metode Grand Strategy,SWOT Matrix dan IE Matrix.Hasil dari penggabungan akan dikelompokkan berdasarkan alternatif prioritas strategi sehingga dihasilkan strategi yang paling cocok untuk mengatasi permasalahan yang timbul. Implementasi Market Penetration Strategy yang didukung oleh hasil analisis kepuasan pelanggan harus melibatkan banyak pihak mulai dari unit marketing, unit finance, unit HRD , unit DBMS termasuk memberikan reward bagi unit yang berhasil melaksanakan dari strategi diatas.