digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia memiliki potensi wisata yang luar biasa dan sangat baik bagi wisatawan Indonesia maupun mancanegara. Padahal, pariwisata akan menjadi penyumbang devisa terbesar nantinya. Ada potensi yang sangat besar untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Ciletuh Unesco Global Geopark dengan menjadikannya sebagai tempat wisata bagi komunitas mahasiswa. Total kunjungan wisatawan ke kawasan CPUGGp tahun 2018 merupakan titik puncak dari total kunjungan wisatawan sebanyak 1.175.258 orang yang didominasi sebagian besar oleh wisatawan pelajar sebanyak 313.559 orang. Setelah menyandang status UNESCO Global Geopark, tidak mudah bagi pengelola untuk meningkatkan jumlah kunjungan seperti terlihat pada data kunjungan wisata pelajar tahun 2019 yang turun signifikan sebesar 34,485% menjadi 233,155. Tujuan dari tugas akhir ini adalah: 1) Untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal CUGG, 2) Menerapkan komunikasi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung komunitas mahasiswa, 3) Membuat Rencana Implementasi komunikasi pemasaran untuk diusulkan kepada pihak terkait. Dari tujuan yang telah ditetapkan, beberapa pertanyaan yang akan peneliti coba jawab berdasarkan data dan teori: 1) Bagaimana kondisi internal dan eksternal Geopark Unesco Ciletuh?, 2) Bagaimana komunikasi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung kepada komunitas mahasiswa?, 3) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran Geopark Ciletuh Unesco agar komunitas mahasiswa tepat sasaran?. Penelitian dimulai dari permasalahan bisnis pada bab sebelumnya, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan dengan melakukan penelitian langsung dari observasi, wawancara, dan kuesioner. Data sekunder dikumpulkan dari website, jurnal dan buku teks. Setelah itu dilanjutkan dengan analisis bisnis menggunakan analisis internal dan analisis eksternal. Analisis internal menggunakan bauran pemasaran dan analisis STP. Hasil analisis ini akan dikembangkan menjadi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu untuk mencapai Motivasi Komunitas Mahasiswa yang diharapkan dapat meningkatkan niat mereka untuk mengunjungi CPUGGp.