digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dikenal sebagai tujuan wisata favorit, Bandung memiliki Tourism Information Center (TIC), yang berfungsi sebagai fasilitas layanan untuk wisatawan yang menyediakan informasi terkait atraksi, festival, serta informasi tentang daerah setempat. Meskipun memiliki peranan yang strategis, namun lokasinya belum diketahui oleh penggunanya, atau para wisatawan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membangun strategi untuk merevitalisasi kondisi Tourist Information Center Bandung saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam merevitalisasi kondisi Tourist Information Center Kota Bandung dilakukan pendekatan creative placemaking, melalui elemen aktivitas, elemen fisik, dan konsepsi. Penelitian ini dibuat berdasarkan kebutuhan daripada stakeholders seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, pengelola Pusat Informasi Pariwisata dan wisatawan Bandung. Kebutuhan ini disusun membentuk rancangan konseptual sebagai rekomendasi yang dapat diterapkan dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Studi menunjukkan bahwa wisatawan Bandung dapat menemukan informasi pariwisata lokal dari media sosial atau internet. Namun demikian, mereka tidak dapat menemukan beberapa pengalaman dan cerita lokal tentang Bandung yang disediakan oleh Tourism Information Center. Perancangan ini akan menjadi booth rekaman mobile vlog yang memiliki ekstensi modular dan dapat memberikan tujuan Informasi Pariwisata sebagai media promosi dan berbagai kegiatan bagi wisatawan, komunitas, dan penduduk untuk mengeksplorasi ingatan dan imajinasi mereka tentang kota. Desain konseptual ini untuk memicu ikatan antara pemerintah, komunitas kreatif dan warga di Bandung melalui kegiatan kreatif pada Mobile Tourist Information Center. Perancangan konseptual ini membentuk perspektif baru tentang Mobile Tourist Information Center Kota Bandung sebagai daya tarik unik yang dilakukan oleh masyarakat dan pengelola informasi pariwisata. Perancangan ini meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan Tourism Information Center melalui kegiatan tambahan yang dilakukan oleh masyarakat.