digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan kinerja keuangan Vee Naturals. Vee Naturals adalah brand lokal yang mengkhususkan diri pada produk bibir alami di pasar Jabodetabek dan Bandung. Namun, untuk mengoptimalkan kinerja keuangan perusahaan harus mengelola modal dan mengurangi biaya untuk menghindari inefisiensi selama tahap pengembangan bisnis. Studi ini akan mengambil pendekatan kualitatif, yang melibatkan wawancara dan survei, serta data sekunder dari tinjauan literatur, jurnal, dan buku, dan data primer dari sejarah keuangan Vee Naturals yang relevan dengan kerangka konseptual. Sebuah survei digunakan untuk mendapatkan informasi produk pilihan dan preferensi pembelian dari pelanggan Vee Naturals untuk memvalidasi asumsi merek, harga, dan intensitas pembelian. Hasilnya menunjukkan bahwa Vee Naturals memiliki kinerja keuangan yang buruk di tahun-tahun awal operasinya. Survei terhadap 114 responden dari target pasar Vee Naturals mengungkapkan bahwa rata-rata konsumen membeli produk sebulan sekali dengan harga Rp 50.000 hingga 100.000. Setelah dilakukan evaluasi, kinerja keuangan Vee Naturals dapat ditingkatkan dengan menggabungkan perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang menggunakan metode penganggaran modal berupa tiga skenario arus kas, NPV, IRR, dan Payback Period yang dapat digunakan sebagai skenario optimal perencanaan dalam menjalankan bisnis ini selama lima tahun ke depan.