Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat
meningkatkan kinerja keuangan Vee Naturals. Vee Naturals adalah brand lokal yang
mengkhususkan diri pada produk bibir alami di pasar Jabodetabek dan Bandung. Namun, untuk
mengoptimalkan kinerja keuangan perusahaan harus mengelola modal dan mengurangi biaya
untuk menghindari inefisiensi selama tahap pengembangan bisnis.
Studi ini akan mengambil pendekatan kualitatif, yang melibatkan wawancara dan survei, serta data
sekunder dari tinjauan literatur, jurnal, dan buku, dan data primer dari sejarah keuangan Vee
Naturals yang relevan dengan kerangka konseptual. Sebuah survei digunakan untuk mendapatkan
informasi produk pilihan dan preferensi pembelian dari pelanggan Vee Naturals untuk
memvalidasi asumsi merek, harga, dan intensitas pembelian.
Hasilnya menunjukkan bahwa Vee Naturals memiliki kinerja keuangan yang buruk di tahun-tahun
awal operasinya. Survei terhadap 114 responden dari target pasar Vee Naturals mengungkapkan
bahwa rata-rata konsumen membeli produk sebulan sekali dengan harga Rp 50.000 hingga
100.000. Setelah dilakukan evaluasi, kinerja keuangan Vee Naturals dapat ditingkatkan dengan
menggabungkan perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang menggunakan metode
penganggaran modal berupa tiga skenario arus kas, NPV, IRR, dan Payback Period yang dapat
digunakan sebagai skenario optimal perencanaan dalam menjalankan bisnis ini selama lima tahun
ke depan.
Perpustakaan Digital ITB