digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bisnis pariwisata di Indonesia cukup potensial mengingat Indonesia secara alami memiliki banyak potensi keindahan alam, keragaman, keunikan budaya, dll. Semua potensi tersebut menjadi modal dalam pengembangan industri pariwisata yang bersinergi dengan industri perhotelan. Perkembangan bisnis pariwisata dan perhotelan di Indonesia meningkat signifikan dari tahun 2015-2019 yang berdampak baik terhadap devisa negara. Dampak pandemi dari virus corona (Covid-19) sangat terasa dalam bisnis dan perekonomian Indonesia. Salah satu bisnis yang paling signifikan terkena dampak dari munculnya Covid-19 adalah sektor pariwisata dan perhotelan. Salah satunya adalah Hotel Fox Harris Pangkalpinang. Hotel yang berlokasi di Pulau Bangka ini baru saja berdiri bersamaan dengan munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia pada Maret 2021. Penelitian ini melakukan analisis eksternal dan internal untuk mengetahui situasi dan kondisi bisnis serta menganalisis permasalahan bisnis yang dihadapi oleh Fox Harris Hotel Pangkalpinang. Analisis eksternal menggunakan kerangka Analisis PESTEL, Porter’s Five Forces Analysis, Analisis Pelanggan, dan Analisis Kompetitor. Dari segi analisis internal menggunakan 7Ps Marketing Services, STP Analysis, dan proses wawancara dengan manajemen. Penelitian ini menemukan bahwa, Fox Harris Hotel mengalami penurunan pendapatan yang sangat signifikan di tahun 2020 dibandingkan tahun 2021. Bukan hanya karena pandemi Covid-19, namun pangsa pasar Fox Harris Hotel juga masih di bawah 3 pesaing utamanya. Agar tetap kompetitif dengan kondisi yang dihadapi, Fox Harris Hotel Pangkalpinang harus melakukan dan mengembangkan strategi pemasaran yang dapat menarik pelanggan yang ditargetkan agar hotel ini dapat terus bertahan di era pandemi dan lingkungan yang sangat kompetitif. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan strategi pemasaran khususnya digital marketing dengan menggunakan konsep matriks TOWS yang diturunkan dari analisis SWOT. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Fox Harris Hotel perlu melakukan promosi menarik dalam berbagai bentuk yang dipasarkan melalui media sosial untuk dapat menarik calon pelanggan, mempertahankan pelanggan setia, dan meningkatkan brand awareness.