Bisnis pariwisata di Indonesia cukup potensial mengingat Indonesia secara alami memiliki banyak
potensi keindahan alam, keragaman, keunikan budaya, dll. Semua potensi tersebut menjadi modal dalam
pengembangan industri pariwisata yang bersinergi dengan industri perhotelan. Perkembangan bisnis
pariwisata dan perhotelan di Indonesia meningkat signifikan dari tahun 2015-2019 yang berdampak baik
terhadap devisa negara. Dampak pandemi dari virus corona (Covid-19) sangat terasa dalam bisnis dan
perekonomian Indonesia. Salah satu bisnis yang paling signifikan terkena dampak dari munculnya
Covid-19 adalah sektor pariwisata dan perhotelan. Salah satunya adalah Hotel Fox Harris
Pangkalpinang. Hotel yang berlokasi di Pulau Bangka ini baru saja berdiri bersamaan dengan munculnya
pandemi Covid-19 di Indonesia pada Maret 2021. Penelitian ini melakukan analisis eksternal dan
internal untuk mengetahui situasi dan kondisi bisnis serta menganalisis permasalahan bisnis yang
dihadapi oleh Fox Harris Hotel Pangkalpinang. Analisis eksternal menggunakan kerangka Analisis
PESTEL, Porter’s Five Forces Analysis, Analisis Pelanggan, dan Analisis Kompetitor. Dari segi
analisis internal menggunakan 7Ps Marketing Services, STP Analysis, dan proses wawancara dengan
manajemen. Penelitian ini menemukan bahwa, Fox Harris Hotel mengalami penurunan pendapatan yang
sangat signifikan di tahun 2020 dibandingkan tahun 2021. Bukan hanya karena pandemi Covid-19,
namun pangsa pasar Fox Harris Hotel juga masih di bawah 3 pesaing utamanya. Agar tetap kompetitif
dengan kondisi yang dihadapi, Fox Harris Hotel Pangkalpinang harus melakukan dan mengembangkan
strategi pemasaran yang dapat menarik pelanggan yang ditargetkan agar hotel ini dapat terus bertahan
di era pandemi dan lingkungan yang sangat kompetitif. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan
pendekatan strategi pemasaran khususnya digital marketing dengan menggunakan konsep matriks
TOWS yang diturunkan dari analisis SWOT. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Fox Harris
Hotel perlu melakukan promosi menarik dalam berbagai bentuk yang dipasarkan melalui media sosial
untuk dapat menarik calon pelanggan, mempertahankan pelanggan setia, dan meningkatkan brand
awareness.
Perpustakaan Digital ITB