digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TS PP ARIS KURNIA WICAKSONO 1.pdf5?
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

ity branding merupakan salah satu strategi kota untuk menampilkan keunikan agar mudah dikenal dan sebagai pembeda antara suatu kota. Saat ini banyak kota di Indonesia yang telah menerapkan strategi city branding dan beberapa memiliki maskot sebagai bagian dari city branding mereka. Kota Malang merupakan salah satu kota di Indonesia yang menggunakan maskot sebagai bagian dari strategi city branding kota. Maskot tersebut diberi nama Osi dan Ji (Osiji). Osiji yang merupakan maskot resmi pemerintah Kota Malang dan sudah berusia 5 tahun. Akan tetapi popularitas Osiji saat ini bisa dikatakan rendah bahkan cenderung menghilang. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji maskot Osiji dari segi pengaplikasiannya. Kajian ini membahas mengenai penggunaan maskot Osiji sebagai bagian dari strategi city branding Kota Malang serta bagaimana persepsi visual yang timbul dari pengaplikasian maskot tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan penggunaan maskot Osiji sebagai bagian dari city branding Kota Malang serta mengetahui dan menjelaskan persepsi visual yang tercipta dari pengaplikasian maskot Osiji. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan berbasis studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori city branding milik Anholt dan adalah teori persepsi visual Gestalt. Hasil akhir dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ketidakmaksimalan penggunaan maskot Osiji sebagai bagian dari city branding kota Malang menyebabkan rendahnya popularitas Osiji. Ketidakmaksimalaan pengguaan maskot tersebut tampak dari minimnya kehadiran maskot Osiji pada lokasi-lokasi ikonik di Kota Malang dan lokasi lain yang menjadi tujuan wisatawan. Visualisasi pengaplikasian maskot Osiji yang terkesan mengabaikan prinsip desain dan kurangnya visibilitas maskot Osiji turut andil dalam ketidakberhasilan maskot Osiji dalam menyampaikan pesan atas keberadaanya sebagai bagian dari city branding Kota Malang