digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Moudina Agita Bukit
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Moudina Agita Bukit
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Moudina Agita Bukit
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Moudina Agita Bukit
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Moudina Agita Bukit
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Moudina Agita Bukit
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Toko Mas Suranta merupakan toko emas yang menyediakan berbagai jenis perhiasan dengan kadar emas yang berbeda, emas batangan, dan juga berlian. Toko Mas Suranta berlokasi di Pasar Pringgan, Medan, Sumatera Utara yang didirikan pada tahun 1992 oleh Bapak Edy Suranta Bukit. Selama ini bisnis ini hanya hanya mengandalkan penjualan secara offline saja. Toko ini juga masih sangat kurang untuk strategi pemasaran, sampai saat ini hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan strategi bisnis yang baik bagi Toko Mas Suranta untuk meningkatkan penjualan dengan menganalisis kondisi bisnis secara eksternal dan internal. Penulis menggunakan metode kualitatif dalam penelitian ini. Data primer yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui kuesioner dan wawancara dengan pemilik, customer dan karyawan. Data sekunder dikumpulkan dari artikel, jurnal, buku, dan internet. Untuk analisis internal, penulis menggunakan STP dan Marketing Mix. Sedangkan untuk analisis eksternal, penulis akan menggunakan Porter’s Five Forces, Competitive Analysis, dan Customer Analysis. Kemudian dirumuskan dalam strategi model diamond untuk menentukan strategi bisnis yang dapat digunakan oleh perusahaan ini.