digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

AUTO 2000 Body & Paint Cibiru Bandung merupakan fasilitas bengkel body dan cat yang dibangun terpisah dari dealer. AUTO 2000 sendiri merupakan jaringan layanan penjualan, perawatan, perbaikan dan suplai untuk suku cadang Toyota. Perusahaan ini sudah berpengalaman lebih dari 60 tahun. Dalam beberapa tahun ke belakang, banyak pegawai yang keluar masuk dalam waktu singkat sehingga tingkat perputaran pegawai cukup tinggi. Oleh karena itu, AUTO 2000 Body & Paint Cibiru Bandung memerlukan solusi dan perbaikan untuk mempertahankan para karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk membantu AUTO 2000 Body & Paint Cibiru Bandung dalam mempertahankan para karyawannya. Dalam penelitian ini, penulis melakukan studi lapangan dengan mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh dari karyawan AUTO 2000 Body & Paint Cibiru Bandung. 31 dari 36 karyawan (86% dari populasi) mengikuti survey penelitian ini. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan cara pendistribusian kuesioner berisi pendekatan kepuasan kerja, keterikatan karyawan, dan intensi perputaran karyawan. Pendekatanpendekatan ini dipilih berdasarkan penelitian sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian, penyebab ketidakpuasan karyawan pada AUTO 2000 Body & Paint Cibiru Bandung disebabkan oleh faktor kompensasi dan tunjangan serta faktor lingkungan kerja sedangkan penyebab pemutusan hubungan kerja adalah karena hubungan yang kurang baik dengan rekan kerja dan perilaku keterlibatan. Setelah mengetahui penyebab ketidakpuasan dan pelepasan karyawan di perusahaan, penulis mengajukan rekomendasi dan rencana implementasi yang sesuai dengan kondisi perusahaan dalam rangka mempertahankan karyawannya.