AUTO 2000 Body & Paint Cibiru Bandung merupakan fasilitas bengkel body dan cat yang
dibangun terpisah dari dealer. AUTO 2000 sendiri merupakan jaringan layanan penjualan,
perawatan, perbaikan dan suplai untuk suku cadang Toyota. Perusahaan ini sudah berpengalaman
lebih dari 60 tahun. Dalam beberapa tahun ke belakang, banyak pegawai yang keluar masuk
dalam waktu singkat sehingga tingkat perputaran pegawai cukup tinggi. Oleh karena itu, AUTO
2000 Body & Paint Cibiru Bandung memerlukan solusi dan perbaikan untuk mempertahankan
para karyawannya.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu AUTO 2000 Body & Paint Cibiru Bandung dalam
mempertahankan para karyawannya. Dalam penelitian ini, penulis melakukan studi lapangan
dengan mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh dari karyawan AUTO 2000 Body &
Paint Cibiru Bandung. 31 dari 36 karyawan (86% dari populasi) mengikuti survey penelitian ini.
Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan cara pendistribusian kuesioner berisi
pendekatan kepuasan kerja, keterikatan karyawan, dan intensi perputaran karyawan. Pendekatanpendekatan ini dipilih berdasarkan penelitian sebelumnya.
Berdasarkan hasil penelitian, penyebab ketidakpuasan karyawan pada AUTO 2000 Body & Paint Cibiru
Bandung disebabkan oleh faktor kompensasi dan tunjangan serta faktor lingkungan kerja sedangkan
penyebab pemutusan hubungan kerja adalah karena hubungan yang kurang baik
dengan rekan kerja dan perilaku keterlibatan.
Setelah mengetahui penyebab ketidakpuasan dan pelepasan karyawan di perusahaan, penulis
mengajukan rekomendasi dan rencana implementasi yang sesuai dengan kondisi perusahaan
dalam rangka mempertahankan karyawannya.
Perpustakaan Digital ITB