Jago Kandang adalah bisnis yang bergerak pada bidang peternakan untuk komoditas
domba dan kambing, serta produk olahannya. Selama ini pergerakan bisnis pada sektor
peternakan identik dengan sistem bisnis konvensional. Oleh karena itu, Jago Kandang
mempunyai tujuan untuk memasukkan unsur modernisasi kepada sistem bisnis
peternakan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang
tepat bagi Jago Kandang untuk mengembangkan produk baru dan bagaimana Jago
Kandang menerapkan strategi yang diusulkan untuk meningkatkan kinerja pasar.
Analisa SWOT menghasilkan kekuatan dan kelemahan bisnis berdasarkan analisa
internal dengan menggunakan STP Analysis dan Business Model Canvas perusahaan.
Kekuatan perusahaan berupa mempunyai penyedia bibit ternak yang berkualitas,
proses pemeliharaan semi kandang untuk meningkatkan kualitas ternak, dan dapat
menghasilkan ternak dan produk olahan ternak yang berkualitas. Kelemahan
perusahaan berupa jangkauan pasar belum luas dan kurangnya media pendukung
untuk promosi. Selain itu, analisa SWOT juga menghasilkan peluang dan ancaman
bisnis yang berdasarkan analisa eksternal dengan menggunakan Consumer Analysis
dan Competitor Analysis. Peluang perusahaan berupa pengembangan bisnis dari segi
penjualan dan dapat memberikan sentuhan baru pada pergerakan bisnis di dunia
peternakan. Ancaman perusahaan berupa mendominasinya peternakan skala besar
yang berdampak terhadap pergerakan bisnis di dunia peternakan dan munculnya
pesaing dari relasi sendiri.
Penelitian dilanjutkan dengan menggunakan matriks TOWS, metode Pengembangan
Produk Baru, dan pengembangan Bauran Pemasaran, Jago Kandang menentukan
rencana implementasi untuk dapat meningkatkan kinerja pasar dari bisnis Jago
Kandang sebagai tujuan utama penelitian ini dilakukan. Rencana implementasi yang
akan dilakukan dengan menyediakan layanan media berbasis online seperti aplikasi,
akun e-commerce, situs web, dan media sosial, yang bertujuan untuk meningkatkan
kesadaran dan memberikan kemudahan untuk konsumen. Kemudian, melakukan
sistem kemitraan dengan instansi, restoran, supermarket, perantara, bahkan
berkolaborasi dengan pesaing dan pelaku bisnis di bidang yang sama dengan tujuan
untuk meningkatkan kinerja pasar dan peningkatan kualitas produk. Selanjutnya,
membuat legalitas bisnis dan produk yang diakui oleh pemerintah Indonesia, serta
menyediakan asuransi kesehatan untuk ternak dan produk olahan yang bersertifikat
halal. Terakhir, meningkatkan kesadaran merek dengan dukungan dari para aktor dan
aktris Indonesia, yang dapat merubah sudut pandang dari konsumen.
Adapun beberapa rekomendasi untuk perusahaan di masa yang akan datang adalah
terkait dengan pengembangan bisnis dalam skala besar, Jago Kandang adalah bisnis
yang sangat menjanjikan, terutama di bidang peternakan. Jago Kandang perlu
menentukan strategi bisnis yang tepat dalam hal ekspansi besar, misalnya membangun
kandang baru di luar kota Bandung dan Sumedang yang bertujuan untuk meningkatkan
populasi ternak dan menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, ini bisa dilakukan
ketika Jago Kandang me
Perpustakaan Digital ITB