digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Jago Kandang adalah bisnis yang bergerak pada bidang peternakan untuk komoditas domba dan kambing, serta produk olahannya. Selama ini pergerakan bisnis pada sektor peternakan identik dengan sistem bisnis konvensional. Oleh karena itu, Jago Kandang mempunyai tujuan untuk memasukkan unsur modernisasi kepada sistem bisnis peternakan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang tepat bagi Jago Kandang untuk mengembangkan produk baru dan bagaimana Jago Kandang menerapkan strategi yang diusulkan untuk meningkatkan kinerja pasar. Analisa SWOT menghasilkan kekuatan dan kelemahan bisnis berdasarkan analisa internal dengan menggunakan STP Analysis dan Business Model Canvas perusahaan. Kekuatan perusahaan berupa mempunyai penyedia bibit ternak yang berkualitas, proses pemeliharaan semi kandang untuk meningkatkan kualitas ternak, dan dapat menghasilkan ternak dan produk olahan ternak yang berkualitas. Kelemahan perusahaan berupa jangkauan pasar belum luas dan kurangnya media pendukung untuk promosi. Selain itu, analisa SWOT juga menghasilkan peluang dan ancaman bisnis yang berdasarkan analisa eksternal dengan menggunakan Consumer Analysis dan Competitor Analysis. Peluang perusahaan berupa pengembangan bisnis dari segi penjualan dan dapat memberikan sentuhan baru pada pergerakan bisnis di dunia peternakan. Ancaman perusahaan berupa mendominasinya peternakan skala besar yang berdampak terhadap pergerakan bisnis di dunia peternakan dan munculnya pesaing dari relasi sendiri. Penelitian dilanjutkan dengan menggunakan matriks TOWS, metode Pengembangan Produk Baru, dan pengembangan Bauran Pemasaran, Jago Kandang menentukan rencana implementasi untuk dapat meningkatkan kinerja pasar dari bisnis Jago Kandang sebagai tujuan utama penelitian ini dilakukan. Rencana implementasi yang akan dilakukan dengan menyediakan layanan media berbasis online seperti aplikasi, akun e-commerce, situs web, dan media sosial, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan kemudahan untuk konsumen. Kemudian, melakukan sistem kemitraan dengan instansi, restoran, supermarket, perantara, bahkan berkolaborasi dengan pesaing dan pelaku bisnis di bidang yang sama dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pasar dan peningkatan kualitas produk. Selanjutnya, membuat legalitas bisnis dan produk yang diakui oleh pemerintah Indonesia, serta menyediakan asuransi kesehatan untuk ternak dan produk olahan yang bersertifikat halal. Terakhir, meningkatkan kesadaran merek dengan dukungan dari para aktor dan aktris Indonesia, yang dapat merubah sudut pandang dari konsumen. Adapun beberapa rekomendasi untuk perusahaan di masa yang akan datang adalah terkait dengan pengembangan bisnis dalam skala besar, Jago Kandang adalah bisnis yang sangat menjanjikan, terutama di bidang peternakan. Jago Kandang perlu menentukan strategi bisnis yang tepat dalam hal ekspansi besar, misalnya membangun kandang baru di luar kota Bandung dan Sumedang yang bertujuan untuk meningkatkan populasi ternak dan menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, ini bisa dilakukan ketika Jago Kandang me