digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pandemi Covid-19 adalah situasi tidak pasti yang menghantam bisnis dengan sangat keras. Ketidakpastian itu membuat PT Food Delivery untuk bisa menyesuaikan dengan cepat. Strategi perlu disesuaikan agar tepat dengan kondisi saat ini dan juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan situasi global. Meskipun pandemi ini telah menimbulkan gangguan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya, hal itu juga menciptakan peluang baru. Bisnis perlu memanfaatkan kondisi ini agar dapat bertahan. Tidak hanya di saat pandemi Covid-19, namun begitu keadaan mulai normal, perusahaan harus membuat strategi resiliensi mengingat dampak perubahan yang mungkin terjadi juga. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui skenario yang mungkin terjadi akibat pandemi Covid-19 dan kemudian mengembangkan strategi agar PT Food Delivery tangguh menghadapi pandemi Covid-19. Proses tersebut dilakukan dengan menganalisis lingkungan eksternal dan internal. Karena kondisi pandemi Covid-19 yang tidak menentu, pendekatan perencanaan skenario digunakan untuk mengembangkan kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi di masa depan. Keempat skenario itu adalah the long winding journey, the champion, waiting for the miracle, dan the hope are there. Berdasarkan atribut ketahanan dan mempertimbangkan skenario, tindakan yang dapat dilakukan adalah mendorong beberapa fitur, menyesuaikan proposisi nilai, kolaborasi, memperkuat identitas merek, dan mendapatkan retensi pelanggan.