2021_TS_PP_Dian Permata Sari Rahayu_1-Abstrak (1).pdf)u
PUBLIC Open In Flipbook Yose Ali Rahman
Pandemi Covid-19 adalah situasi tidak pasti yang menghantam bisnis dengan sangat
keras. Ketidakpastian itu membuat PT Food Delivery untuk bisa menyesuaikan dengan
cepat. Strategi perlu disesuaikan agar tepat dengan kondisi saat ini dan juga harus
mampu beradaptasi dengan perubahan situasi global. Meskipun pandemi ini telah
menimbulkan gangguan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya, hal itu juga
menciptakan peluang baru. Bisnis perlu memanfaatkan kondisi ini agar dapat bertahan.
Tidak hanya di saat pandemi Covid-19, namun begitu keadaan mulai normal,
perusahaan harus membuat strategi resiliensi mengingat dampak perubahan yang
mungkin terjadi juga.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui skenario yang mungkin
terjadi akibat pandemi Covid-19 dan kemudian mengembangkan strategi agar PT Food
Delivery tangguh menghadapi pandemi Covid-19. Proses tersebut dilakukan dengan
menganalisis lingkungan eksternal dan internal. Karena kondisi pandemi Covid-19 yang
tidak menentu, pendekatan perencanaan skenario digunakan untuk mengembangkan
kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi di masa depan. Keempat skenario itu
adalah the long winding journey, the champion, waiting for the miracle, dan the hope
are there.
Berdasarkan atribut ketahanan dan mempertimbangkan skenario, tindakan yang dapat
dilakukan adalah mendorong beberapa fitur, menyesuaikan proposisi nilai, kolaborasi,
memperkuat identitas merek, dan mendapatkan retensi pelanggan.
Perpustakaan Digital ITB