Penelitian ini bertujuan untuk membantu Yogya Online dalam meningkatkan
kesadaran merek dan minat beli konsumen dengan mengidentifikasi faktor-faktor
manakah yang memberikan pengaruh kepada konsumen, serta mengusulkan solusi
bisnis berdasarkan faktor-faktor tersebut. Ada satu faktor yang dikaji hubungannya
dengan kesadaran merek. Faktor tersebut adalah komunikasi pemasaran. Di sisi lain,
ada empat faktor yang diteliti hubungannya dengan minat beli. Faktor-faktor tersebut
adalah kesadaran merek, penggerak ekuitas, komunikasi pemasaran, dan karakteristik
situs web. Untuk penelitian ini, jumlah data yang terkumpul dan dianalisa adalah 150
responden yang terkumpul melalui kuesioner online. Analisis data menggunakan
aplikasi SPSS untuk mengetahui hubungan yang dimiliki antara faktor dependen dan
independen. Hasil penelitian menunjukkan faktor komunikasi pemasaran dan
karakteristik situs web secara signifikan berhubungan dengan kesadaran merek. Faktor
kesadaran merek, komunikasi pemasaran, dan karakteristik situs web secara signifikan
berhubungan dengan minat beli. Namun, faktor pendorong ekuitas tidak berhubungan
signifikan dengan minat beli.
Perpustakaan Digital ITB