digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk membantu Yogya Online dalam meningkatkan kesadaran merek dan minat beli konsumen dengan mengidentifikasi faktor-faktor manakah yang memberikan pengaruh kepada konsumen, serta mengusulkan solusi bisnis berdasarkan faktor-faktor tersebut. Ada satu faktor yang dikaji hubungannya dengan kesadaran merek. Faktor tersebut adalah komunikasi pemasaran. Di sisi lain, ada empat faktor yang diteliti hubungannya dengan minat beli. Faktor-faktor tersebut adalah kesadaran merek, penggerak ekuitas, komunikasi pemasaran, dan karakteristik situs web. Untuk penelitian ini, jumlah data yang terkumpul dan dianalisa adalah 150 responden yang terkumpul melalui kuesioner online. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS untuk mengetahui hubungan yang dimiliki antara faktor dependen dan independen. Hasil penelitian menunjukkan faktor komunikasi pemasaran dan karakteristik situs web secara signifikan berhubungan dengan kesadaran merek. Faktor kesadaran merek, komunikasi pemasaran, dan karakteristik situs web secara signifikan berhubungan dengan minat beli. Namun, faktor pendorong ekuitas tidak berhubungan signifikan dengan minat beli.