digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kemunculan virtual influencer atau figure yang buatan kecerdasan buatan (AI) yang dirancang menyerupai manusia yang tidak hanya aspek penampilan tetapi juga perilaku yang telah mengubah skema industri pemasaran digital. Per tahun 2022, pasar global dari influencer virtual industri sendiri mencapai $3.6 miliar dengan kebanyakan target pasar menyasar pada generasi Z. Indonesia sendiri, pasar influencer virtual ini sedang berkembang dan bersaing dengan salah satu contohnya adalah influencer virtual Richeese Factory yaitu Arbie SEO. Performa Arbie SEO sendiri memiliki performa yang mencengangkan pada promosi social media Richeese Factory. Namun meskipun mencetak performa yang tinggi, namun sebagian besar dari interaksi dan atensi tertuju pada Arbie SEO ketimbang terhadap produk atau brand yang dipromosikan. Hal ini menimbulkan potensi kekhawatiran terhadap dampak sebenarnya dari influencer virtual ini dalam mengembangkan niat beli konsumen. Studi ini mengeksplorasi pengaruh daya Tarik influencer virtual terhadap sikap dan minat beli konsumen dengan berfokus pada studi kasus Arbie SEO. Studi ini mengadopsi metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada responden Gen Z yang tersebar di Jabodetabek dan Bandung. Data yang didapat selanjutnya di analisis menggunakan metode SEM-PLS. Studi ini menemukan bahwasannya daya tarik dari influencer virtual (Arbie SEO) memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap sikap dan minat beli konsumen baik efek langsung maupun tidak langsung. Sikap konsumen dalam penelitian ini memiliki peran sebagai aspek mediasi antara daya tarik virtual influencer terhadap minat beli. Lebih lanjut, pada penelitian ini diketahui bahwasannya Arbie SEO sebagai virtual influencer memiliki efek daya tarik yang secara langsung mempengaruhi minat beli yang dimana sebagian besar studi terdahulu menyatakan aspek daya tarik virtual influencer itu sendiri tidak memiliki efek langsung terhadap minat beli. Lebih lanjut, penelitian ini juga menawarkan rekomendasi bisnis yang strategis untuk memanfaatkan tingkat engagement yang tinggi yang didapat Arbie SEO dalam rangka mengkonversi atensi menjadi tindakan pembelian yang sebenarnya.