digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pariwisata adalah sebuah kombinasi dari hiburan dan alam yang ditawarkan suatu daerah. Perkembangan industri pariwisata telah meningkat sejak tahun 2017. Hal ini terbukti dari jumlah pertumbuhan turis asing yang berkunjung ke Indonesia. Untuk mengantisipasi pertumbuhan tersebut, pemerintah Indonesia mempersiapkan sepuluh destinasi wisata baru yang bernama 10 Bali Baru, salah satunya adalah Mandalika sebagai destinasi prioritas. PT HolaHalo adalah sebuah start up baru di industri online travel marketplace, tempat travel agent dan calon pelanggan bertemu dan bertransaksi membeli paket wisata. PT HolaHalo aktif mengkomunikasikan video promosi Mandalika di digital platform. Tetapi, pembelian tour Mandalika masih sangat rendah, dan konsumen serta travel agent belum percaya terhadap online travel market platform PT HolaHalo. Karenanya, tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk menginvestigasi sejauh mana pengaruh video promosi PT HolaHalo terhadap respon konsumen untuk paket tour Mandalika; kedua, untuk mengivestigasi faktor-faktor yang secara signifikan berpengaruh terhadap niat pelanggan membeli paket tur Mandalika; dan ketiga, dan mengembangkan strategi marketing komunikasi yang bisa meningkatkan niat beli pelanggan. Peneliti menggunakan metode mix dari survey kuantitatif dan wawancara kualitatif untuk mengumpulkan internal dan eksternal data dari PT HolaHalo. Analisa eksternal yang terdiri dari PESTEL, Porter’s five forces, dan analisa kompetitor menghasilkan temuan kesempatan dan ancaman bagi PT HolaHalo. Analisa konsumen menghasilkan temuan faktorfaktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli konsumen, yaitu daya tarik Mandalika, kepercayaan, emosi konsumen, dan promosi video. Analisa internal yang terdiri dari STP, RBV, VRIO, dan marketing mix menghasilkan temuan kekuatan dan kelemahan PT HolaHalo. Kemudian akar masalah dari niat beli yang rendah dapat diidentifikasi, yaitu model bisnis dari PT HolaHalo yang mudah di tiru; travel agent tidak percaya terhadap PT HolaHalo; promosi video tidak meningkatkan emosi positif dari konsumen; konsumen tidak menyadari i keberadaan PT HolaHalo; konsumen tidak percaya terhadap PT HolaHalo; dan PT HolaHalo tidak memanfaatkan daya tarik Mandalika untuk menarik pelanggan. Penelitian ini menghasilkan beberapa alternatif solusi bisnis dengan melakukan TOWS Matrix dan Analisa Porter Business Strategic. Kemudian lima solusi bisnis di pilih dengan mempertimbangkan akar permasalahan. Secara spesifik, penelitian ini membuat strategi marketing komunikasi yang bisa mempengaruhi niat beli pelanggan terhadap tour destinasi Mandalika.