digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri kreatif di Indonesia terus berkembang seiring berjalannya waktu, khususnya dalam konteks industri fashion yang terus berkembang secara masif. Melihat perkembangan tersebut, Industri fashion dan industri apparel tentunya memiliki potensi yang cukup besar karena fashion sudah menjadi bagian dari tren gaya hidup kaum urban. Saat ini, banyak pelaku bisnis di industri kreatif melakukan seluruh aktifitas bisnisnya dengan menggunakan teknologi internet, terutama sesalu aktif dalam media sosial serta platform online lainnya. Serta melihat perilaku dari target pasar yang prospektif yang lebih dominan menggunakan aktifitas konsumsinya secara online. Oleh karena itu, pelaku industri kreatif harus mampu membangun proses strategis yang sangat baik untuk dapat bertahan dalam persaingan pasar fashion di Indonesia. Lune exterieur adalah salah satu pelaku industri kreatif yang bergerak di Industri fashion, didirikan pada April 2019. Ide bisnis Lune exterieur adalah menawarkan fashion dengan harga terbaik secara berkelanjutan. Dalam proses menciptakan merek yang kuat, Lune Exterieur harus menciptakan dan membangun aktivitas positif yang berkaitan dengan konsep mereknya untuk menjangkau target pasar yang diciptakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi bisnis Lune exterieur dari segi internal maupun eksternal, serta menangkap peluang bisnis pada industri tersebut dan menentukan strategi bisnis digital yang solid bagi Lune exterieur di kemudian hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan proses wawancara mendalam kepada pelanggan, pelaku bisnis, dan profesi yang berkaitan dengan digital marketing. Kemudian, penelitian ini menggunakan analisis SWOT serta menentukan akar penyebab masalah dengan menerapkan cause-diagram-effect (CED) yang dilanjutkan dengan menciptakan pengembangan strategi dan membuat rencana implementasi strategi. Hasil penelitian ini akan menggunakan konten pemasaran dengan menggunakan content marketing matrix, optimalisasi media sosial, AIDA model, dan tipping point. Kemudian hasil keseluruhan tersebut akan didistribusikan secara digital melalui seluruh media sosial Lune Exterieur, dengan menggunakan layanan iklan berbayar dan menempatkan beberapa sumber daya manusia yang tepat dalam memaksimalkan proses pemasarannya. Kemudian, rencana implementasi memuat tentang kerangka waktu pelaksanaan bisnis serta memberikan solusi terhadap anggaran digital marketing dikemudian hari.