Industri kreatif di Indonesia terus berkembang seiring berjalannya waktu, khususnya dalam
konteks industri fashion yang terus berkembang secara masif. Melihat perkembangan tersebut,
Industri fashion dan industri apparel tentunya memiliki potensi yang cukup besar karena
fashion sudah menjadi bagian dari tren gaya hidup kaum urban. Saat ini, banyak pelaku bisnis
di industri kreatif melakukan seluruh aktifitas bisnisnya dengan menggunakan teknologi
internet, terutama sesalu aktif dalam media sosial serta platform online lainnya. Serta melihat
perilaku dari target pasar yang prospektif yang lebih dominan menggunakan aktifitas
konsumsinya secara online. Oleh karena itu, pelaku industri kreatif harus mampu membangun
proses strategis yang sangat baik untuk dapat bertahan dalam persaingan pasar fashion di
Indonesia. Lune exterieur adalah salah satu pelaku industri kreatif yang bergerak di Industri
fashion, didirikan pada April 2019. Ide bisnis Lune exterieur adalah menawarkan fashion
dengan harga terbaik secara berkelanjutan. Dalam proses menciptakan merek yang kuat, Lune
Exterieur harus menciptakan dan membangun aktivitas positif yang berkaitan dengan konsep
mereknya untuk menjangkau target pasar yang diciptakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kondisi bisnis Lune exterieur dari segi internal maupun eksternal, serta menangkap
peluang bisnis pada industri tersebut dan menentukan strategi bisnis digital yang solid bagi
Lune exterieur di kemudian hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan melakukan proses wawancara mendalam kepada pelanggan, pelaku bisnis, dan profesi
yang berkaitan dengan digital marketing. Kemudian, penelitian ini menggunakan analisis
SWOT serta menentukan akar penyebab masalah dengan menerapkan cause-diagram-effect
(CED) yang dilanjutkan dengan menciptakan pengembangan strategi dan membuat rencana
implementasi strategi. Hasil penelitian ini akan menggunakan konten pemasaran dengan
menggunakan content marketing matrix, optimalisasi media sosial, AIDA model, dan tipping
point. Kemudian hasil keseluruhan tersebut akan didistribusikan secara digital melalui seluruh
media sosial Lune Exterieur, dengan menggunakan layanan iklan berbayar dan menempatkan
beberapa sumber daya manusia yang tepat dalam memaksimalkan proses pemasarannya.
Kemudian, rencana implementasi memuat tentang kerangka waktu pelaksanaan bisnis serta
memberikan solusi terhadap anggaran digital marketing dikemudian hari.
Perpustakaan Digital ITB