digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Fabelio merupakan online furniture yang berbasis website dan menjual berbagai produk furniture modern minimalis. Fabelio membuat strategi pemasaran untuk meningkatkan minat beli agar penjualan juga akan meningkat. Untuk menarik minat beli konsumen Fabelio membuat strategi komunikasi pemasaran berupa promosi penjualan, seperti diskon hingga. Hal ini berdampak pada persepsi konsumen yang menganggap Fabelio sebagai merek furniture yang sering didiskon. Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh informasi dan mengidentifikasi alternatif solusi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Fabelio mengembangkan strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan minat beli. Data dikumpulkan dari 160 responden melalui kuesioner online. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan empat faktor baru dari analisis komponen utama yaitu pengelompokan dari variabel promosi penjualan dan citra merek yaitu; nilai uang, citra merek, kesesuaian promosi penjualan, dan frekuensi promosi penjualan. Kedua faktor tersebut berhubungan positif dengan minat beli dan memiliki kontribusi sebesar 46% untuk mempengaruhi minat beli Fabelio. Berdasarkan temuan, rekomendasi yang diberikan fokus pada pengembangan strategi promosi dan pemerekan. Fabelio bisa semakin menggiatkan promo yang ada, terutama pada promo bundling item, buy one get free, dan gratis ongkir. Fabelio dapat mengurangi penggunaan kata diskon dan menggantinya dengan kata atau kalimat yang menarik. Untuk solusi pemerekan, Fabelio bisa memperkuat asosiasi baik yang sudah ada, seperti harga terjangkau dan asosiasi desain minimalis. Selain itu, Fabelio dapat menambahkan asosiasi baru seperti furnitur online lokal sebagai strategi pemerekan tanpa mengubah brand positioning saat ini untuk meningkatkan citra positif Fabelio.