Fabelio merupakan online furniture yang berbasis website dan menjual berbagai produk
furniture modern minimalis. Fabelio membuat strategi pemasaran untuk meningkatkan
minat beli agar penjualan juga akan meningkat. Untuk menarik minat beli konsumen
Fabelio membuat strategi komunikasi pemasaran berupa promosi penjualan, seperti
diskon hingga. Hal ini berdampak pada persepsi konsumen yang menganggap Fabelio
sebagai merek furniture yang sering didiskon. Metodologi penelitian kualitatif dan
kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh informasi dan
mengidentifikasi alternatif solusi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Fabelio
mengembangkan strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan minat beli. Data
dikumpulkan dari 160 responden melalui kuesioner online. Berdasarkan hasil penelitian,
didapatkan empat faktor baru dari analisis komponen utama yaitu pengelompokan dari
variabel promosi penjualan dan citra merek yaitu; nilai uang, citra merek, kesesuaian
promosi penjualan, dan frekuensi promosi penjualan. Kedua faktor tersebut berhubungan
positif dengan minat beli dan memiliki kontribusi sebesar 46% untuk mempengaruhi
minat beli Fabelio.
Berdasarkan temuan, rekomendasi yang diberikan fokus pada pengembangan strategi
promosi dan pemerekan. Fabelio bisa semakin menggiatkan promo yang ada, terutama
pada promo bundling item, buy one get free, dan gratis ongkir. Fabelio dapat mengurangi
penggunaan kata diskon dan menggantinya dengan kata atau kalimat yang menarik.
Untuk solusi pemerekan, Fabelio bisa memperkuat asosiasi baik yang sudah ada, seperti
harga terjangkau dan asosiasi desain minimalis. Selain itu, Fabelio dapat menambahkan
asosiasi baru seperti furnitur online lokal sebagai strategi pemerekan tanpa mengubah
brand positioning saat ini untuk meningkatkan citra positif Fabelio.
Perpustakaan Digital ITB