PT.XYZ adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang telekomunikasi dan
komunikasi. Saat ini PT XYZ bertujuan untuk memperluas portofolio bisnisnya ke produk
digital, salah satunya adalah produk Learning Management System (LMS) untuk sekolah 3T
(Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) yang termasuk dalam Software as a Service (SaaS) Elearning.
Peluncuran produk LMS ini bertujuan untuk membantu sekolah-sekolah yang
tergolong 3T dalam proses Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat Covid-19. PT.XYZ
juga melihat bahwa penggunaan teknologi akan terus diadaptasi oleh sekolah kedepannya
untuk membantu proses belajar mengajar meski pandemi telah berakhir. Perusahaan
menawarkan program uji coba gratis selama satu bulan untuk mengakusisi konsumen, namun
hanya 16% yang tertarik dan berlangganan. Saat ini perusahaan tidak mengetahui faktor apa
yang membuat konsumen tidak tertarik dan beralih ke churn. Penelitian ini bertujuan untuk
menyajikan alternatif strategi yang beralasan untuk diterapkan oleh PT. XYZ. Penelitian ini
menggunakan metode campuran yaitu menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara
mendalam untuk mengetahui kriteria keberhasilan pelanggan PT.XYZ yang selama ini
terabaikan dan perlu dipertahankan dan kuesioner menguji faktor tersebut lebih dalam untuk
melihat seberapa signifikan dan positif hubungan terhadap kesuksesan pelanggan. Kemudian
mengetahui kapabilitas dan strategi PT.XYZ saat ini untuk membantu pelanggan mencapai
kesuksesan mereka melalui Capability Maturity Model (CMM) berdasarkan 10 hukum
kesuksesan pelanggan. Selanjutnya mencari tahu faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi
pelanggan untuk beralih melalui PEST, analisis 5 Kekuatan & pesaing Porter. Hasilnya akan
menjadi masukan bagi penulis untuk menyesuaikan dan merekomendasikan solusinya.
Berdasarkan analisis akar permasalahan, kemampuan perusahaan untuk memantau,
memelihara dan mengelola kesuksesan pelanggan belum mencapai standar. Karenanya, aspek
yang mempengaruhi pelanggan untuk melakukan churn tidak dapat diatasi. Berdasarkan
analisis yang dilakukan, membangun kesuksesan pelanggan diperlukan untuk menyelesaikan
masalah saat ini dan untuk mengatasi masalah di masa depan.
Perpustakaan Digital ITB