Di era globalisasi, teknologi menyebabkan pergeseran besar di segala bidang.
Keuntungan menggunakan teknologi dapat membantu bisnis untuk meningkatkan
tujuan dan nilai bisnis. Situasi pandemi ini menyebabkan banyak pelaku bisnis
mengalihkan penjualan online mereka. Oleh karena itu, perlunya membuat bisnis
bergeser untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam penjualan bisnis online.
Rumah Lobster merupakan salah satu usaha UKM yang menjual seafood sebagai
menu utamanya. Wabah tersebut berdampak pada bisnis ini sehingga dua cabang di
Rumah Lobster harus tutup secara permanen. Cabang yang tersisa memiliki
pengaruh finansial yang terus menurun dalam lima bulan. Oleh karena itu
menyebabkan Rumah Lobster harus segera beralih ke penjualan online. Tujuan dari
penelitian ini adalah memberikan alternatif strategi untuk mendapatkan keunggulan
bersaing dalam penjualan online.
Strategi yang akan di implementasi berdasarkan analisis internal dan analisis
eksternal sehingga diperoleh analisis SWOT. Untuk analisis eksternal, penelitian ini
menggunakan analisis umum, analisis industri, analisis pesaing, dan analisis
pelanggan. Dalam mengidentifikasi analisis internal, penelitian ini menggunakan
STP analysis, Business model canvas, dan value chain analysis. Metodologi untuk
mengidentifikasi masalah menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah
responden 100 orang. Penghitungan hasil penelitian responden menggunakan SPSS
20. Pertanyaan survei berbasis pada demografis responden, tingkah laku customer,
ekspetasi customer, dan market mix.
Pengajuan bisnis solusi dalam penerapan strategi ini berbasis pada strategi
integrated cost leadership and differentiation. Pengajuan alternatif strategi
menggunakan perubahan value chain baru dan strategi TOWS matrix sebagai
strategi alternatif dalam aktivitasnya. Aktivitas value chain yang baru bertujuan
untuk mengendalikan aktivitas secara efisien dengan aktivitas nilai tambah. TOWS
matrix menggunakan SO, WO, ST, WT strategy sebagai implementasi aksinya.
iii
Dalam implementasi solusi bisnis terdiri dari kesimpulan, pengajuan rencana
implementasi, dan rekomendasi. pengajuan rencana implementasi menggunakan
peta strategi berbasis desain balanced scorecard dan implementasi rencana aksi.
Rencana aksi cost leadership membuat efisiensi dengan memasarkan produk
melalui pemasaran digital dan diferensiasi dibuat dengan menginovasi produk baru
unggulan.
Perpustakaan Digital ITB