digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era globalisasi, teknologi menyebabkan pergeseran besar di segala bidang. Keuntungan menggunakan teknologi dapat membantu bisnis untuk meningkatkan tujuan dan nilai bisnis. Situasi pandemi ini menyebabkan banyak pelaku bisnis mengalihkan penjualan online mereka. Oleh karena itu, perlunya membuat bisnis bergeser untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam penjualan bisnis online. Rumah Lobster merupakan salah satu usaha UKM yang menjual seafood sebagai menu utamanya. Wabah tersebut berdampak pada bisnis ini sehingga dua cabang di Rumah Lobster harus tutup secara permanen. Cabang yang tersisa memiliki pengaruh finansial yang terus menurun dalam lima bulan. Oleh karena itu menyebabkan Rumah Lobster harus segera beralih ke penjualan online. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan alternatif strategi untuk mendapatkan keunggulan bersaing dalam penjualan online. Strategi yang akan di implementasi berdasarkan analisis internal dan analisis eksternal sehingga diperoleh analisis SWOT. Untuk analisis eksternal, penelitian ini menggunakan analisis umum, analisis industri, analisis pesaing, dan analisis pelanggan. Dalam mengidentifikasi analisis internal, penelitian ini menggunakan STP analysis, Business model canvas, dan value chain analysis. Metodologi untuk mengidentifikasi masalah menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden 100 orang. Penghitungan hasil penelitian responden menggunakan SPSS 20. Pertanyaan survei berbasis pada demografis responden, tingkah laku customer, ekspetasi customer, dan market mix. Pengajuan bisnis solusi dalam penerapan strategi ini berbasis pada strategi integrated cost leadership and differentiation. Pengajuan alternatif strategi menggunakan perubahan value chain baru dan strategi TOWS matrix sebagai strategi alternatif dalam aktivitasnya. Aktivitas value chain yang baru bertujuan untuk mengendalikan aktivitas secara efisien dengan aktivitas nilai tambah. TOWS matrix menggunakan SO, WO, ST, WT strategy sebagai implementasi aksinya. iii Dalam implementasi solusi bisnis terdiri dari kesimpulan, pengajuan rencana implementasi, dan rekomendasi. pengajuan rencana implementasi menggunakan peta strategi berbasis desain balanced scorecard dan implementasi rencana aksi. Rencana aksi cost leadership membuat efisiensi dengan memasarkan produk melalui pemasaran digital dan diferensiasi dibuat dengan menginovasi produk baru unggulan.